Temui PWI Pusat, Pakde Karwo: Jatim siap jadi tuan rumah peringatan HPN 2019

Senin, 7 Mei 2018 | 15:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan kesiapan daerah yang dipimpinnya itu untuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2019. Soekarwo menyampaikan hal itu saat mengunjungi sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jakarta, Senin (7/5/2018).

"Kami siap dan senang menjadi tuan rumah HPN," ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo. Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo bertemu dengan Plt Ketua Umum PWI Pusat Sasongko Tedjo, Sekjen Hendry Ch Bangun, dan jajaran pengurus lainnya seperti Moh Ihsan, Rita Sri Hastuti, Suprapto, dan Nurjaman. 

Plt Ketua Umum PWI Pusat Sasongko Tedjo mengatakan, tim verifikasi dari PWI yang diwakili Agus Sudibjo dan Suprapto telah berkunjung ke Jawa Timur pada pekan lalu untuk melihat kesiapan Jatim menjadi tuan rumah HPN, ajang yang selalu didatangi presiden tiap tahunnya itu. Tim verifikasi melihat fasilitas calon tempat penyelenggaraan acara.

Dia mengatakan, kedatangan Pakde Karwo ke kantor PWI adalah wujud kesungguhan untuk menjadi tuan rumah. "Kami berterima kasih karena dapat melihat kesungguhan Jawa Timur. Meski demikian, keputusan tentang penetapan tuan rumah HPN baru akan dilakukan dalam rapat pleno PWI Pusat pada 15 Mei mendatang," ujarnya.

Saat ini, PWI juga sedang menunggu laporan kesiapan dari Sumatera Utara dan Aceh yang juga berminat menjadi tuan rumah peringatan HPN.

"Sampai hari ini, Sumatera Utara belum dapat menentukan waktu kunjungan tim verifikasi. Sedangkan dari Aceh masih belum memasukkan surat rekomendasi gubernur dan ketua DPRD sebagaimana persyaratan pencalonan sebagai tuan rumah HPN," tuturnya. 

Sementara itu, Pakde Karwo memaparkan, di Jatim banyak tempat yang representatif untuk penyelenggaraan HPN. Di antaranya adalah Grand City Surabaya yang sekaligus bisa menjadi tempat pameran tentang dunia pers. Untuk konsep ruang terbuka alias outdoor, bisa menggunakan Tugu Pahlawan yang kental dengan cerita bersejarah.

"Jawa Timur menganggap menilai HPN adalah momentum yang bisa mendongkrak kinerja pembangunan, kesejahteraan rakyat, dan menggerakkan ekonomi lokal," ujar Pakde Karwo yang merupakan penerima Pena Emas PWI Pusat yang disematkan para peringatan HPN 2018 di Padang beberapa waktu lalu. kbc5

Bagikan artikel ini: