Pesan tiket kapal Pelni kini lebih mudah dengan aplikasi ini

Selasa, 8 Mei 2018 | 08:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni meluncurkan Pelni Mobile, aplikasi berbasis android dan iOS. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) tentang Layanan Pembayaran Non-Tunai dengan menyediakan perangkat electronic data capture (EDC) bank-bank milik negara (Himbara) di seluruh loket Pelni.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, O. M Sodikin mengatakan peluncuran aplikasi Pelni Mobile ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan Pelni.

"Kini pelanggan dapat melakukan reservasi tiket kapal Pelni, di manapun dan kapanpun melalui smartphone," kata Sodikin dalam keterangannya, Senin (7/5/2018).

Sodikin melanjutkan, aplikasi Pelni Mobile sudah dapat diunduh pengguna ponsel berbasis Android terhitung 6 Mei 2018, dan segera tersedia bagi pasar aplikasi berbasi iOS.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan acara penandatanganan MoU dan PKS tentang Layanan Pembayaran Non-Tunai dengan menyediakan perangkat EDC Bank Himbara di loket Pelni.

Penandatanganan ini dilakukan Direktur Utama Pelni Insan Purwarisya L. Tobing dengan Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto, dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar, serta Direktur Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar.

Insan mengatakan sudah saatnya layanan pembayaran nontunai diimplementasikan dalam transaksi pemesanan dan pembelian tiket kapal Pelni.

"Dengan menggunakan mesin EDC Bank Himbara, pelanggan Pelni tidak perlu membawa uang tunai ke loket," terangnya.

Pelni, lanjut dia, akan memasang mesin EDC sebanyak 53 unit, satu unit di loket kantor pusat Jakarta dan 52 unit di loket kantor cabang yang tersebar dari Belawan hingga Jayapura.

"Pada kuartal III-2018, akan terpasang di dua loket, yaitu loket kantor pusat dan loket kantor cabang utama Tanjung Priok," papar Insan.

Selanjutnya untuk kuartal IV-2018, akan dilakukan pemasangan di dua loket kantor cabang utama lainnya, yaitu kantor cabang Surabaya dan Makassar.

"Diharapkan pada 1 Januari 2019, pembelian tiket para pelanggan Pelni dengan menggunakan mesin EDC Bank Himbara ini telah berjalan sepenuhnya di 53 loket Pelni," tutup Insan. kbc10

Bagikan artikel ini: