Transaksi digital kian diminati, Citibank pangkas 10 kantor cabang

Selasa, 8 Mei 2018 | 12:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Chief Executive Officer Citibank Indonesia, Batara Sianturi mengatakan sejak tahun 2016 hingga saat ini, pihaknya sudah memangkas jumlah kantor cabang hingga 50 persen.

Langkah itu dilakukan karena nasabah lebih banyak bertransaksi menggunakan perangkat mobile dan electronic channel seperti internet banking hingga mobile banking dibandingkan datang ke kantor cabang bank.

"Tahun 2016 cabang Citibank 20 sekarang cabang Citibank 10. Dampak dari perilaku nasabah itu sudah berubah. 80 persen, 80 persen ada di luar cabang," ungkapnya dalam Konferensi Pers, di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Namun, Batara memastikan pemangkasan jumlah kantor cabang tersebut tidak berdampak signifikan terhadap proses pelayanan Citibank kepada masyarakat, meski 80 persen transaksi nasabah memang tidak terjadi di kantor cabang.

Dengan kata lain, pemangkasan tersebut, memang perlu dilakukan sebagai upaya Citibank dalam menanggapi perubahan zaman yang berkembang ke era digital. "Hanya 20 persen yang memakai cabang. Jadi, waktu kita menurunkan cabang dari 20 (kantor cabang) ke 10 (kantor cabang), atau 50 persen, implikasinya tidak ada," imbuhnya.

"Sehingga cabang Citibank sekarang lima di Jakarta. Lima di kota lain, seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Denpasar. Karena perilakunya sudah demikian," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: