Jangkau hingga pedesaan, BRI siapkan duit Rp28 triliun penuhi kebutuhan Ramadan 2018

Rabu, 23 Mei 2018 | 13:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyediakan dana sekitar Rp 28 triliun untuk melayani kebutuhan dana masyarakat selama Ramadan 2018. Dana tersebut ditempatkan di ATM BRI sebesar Rp 7 triliun dan sekitar Rp 21 triliun di kantor cabang seluruh Indonesia.

Direktur jaringan dan layanan Bank BRI, Osbal Saragih, mengatakan dana sebesar Rp 28 triliun berasal dari kas internal BRI. Ketersediaan dana ini meningkat apabila dibandingkan dengan ketersediaan tahun lalu sebesar Rp 24,5 triliun.

"Naik sedikit dibanding tahun lalu. Tahun lalu kan Rp 24,5 triliun. Ada kenaikan karena memang liburan ini lebih panjang," ujar Osbal di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Selasa (23/5/2018).

Osbal mengatakan, kenaikan kebutuhan dana tahun ini sebenarnya tergolong sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah libur yang cukup panjang. Sebab, masyarakat kini sudah lebih bijak dalam menggunakan transaksi non tunai.

"Meskipun kita sebenarnya tidak terlalu banyak dibandingkan hari libur yang tahun lalu kan terlalu sedikit sebenarnya dibandingkan sekarang. Karena memang masyarakat sudah kita edukasi cashless makanya kita jual juga cashless. Jadi itu mengedukasi masyarakat menggunakan uang non tunai," jelasnya.

Osbal menjelaskan, layanan BRI selama 12 hari masa libur Lebaran tetap berjalan di 263 kantor cabang. Namun, dengan pengaturan layanan terbatas serta melalui layanan elektronik banking.

"Kita sudah atur, 263 kantor cabang sudah kita atur layanannya. Selama 12 hari kita sudah atur mulai layanan banking, layanan terbatas, jadi tidak ada hari libur. Kecuali hari H, selebihnya kita buka. Di Jakarta apalagi, karena ada layanan yang tidak bisa putus seperti PT Pertamina misalnya," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: