Pedagang ikan hias Surabaya tempati gedung Rp1,8 miliar

Rabu, 30 Desember 2009 | 16:46 WIB ET

SURABAYA - Sebanyak 70 pedagang ikan hias di Surabaya akan menempati Sentra Pemasaran Ikan Hias (SPIH) Surabaya menyusul selesainya pembangunan Tahap I yang menelan anggaran sebesar Rp1,8 miliar.

Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kelautan Dan Kehutanan Kota Surabaya Samsul Arifin menyatakan 70 pedagang tersebut awalnya merupakan pedagang kaki lima (PKL) ikan hias di kawasan depan Hotel Singgasana dan Jalan Patua.

"Bila pembangunan Tahap II selesai, SPIH akan ditempati 150 pedagang ikan hias. Sebanyak 80 pedagang hias yang dulunya berjualan di Jalan Irian Barat akan menyusul 70 pedagang saat ini," jelas Samsul dalam press conference di Surabaya, Rabu (30/12/09).

Pemkot Surabaya, menurut dia, telah memfasilitasi para pedagang ikan hias tersebut untuk membentuk Koperasi Wisata Ikan Hias. Koperasi ini rencananya akan dipasrahi tugas untuk mengelola SPIH.

Mengenai pembangunan Tahap II, Samsul menyebutkan, Pemkot Surabaya telah menganggarkan Rp2,4 miliar dan ditargetkan pembangunannya selesai pada Agustus-September 2010.

Secara keseluruhan, SPIH berdiri di atas lahan seluas 2.600 meter persegi dan untuk pembangunan Tahap I akan diresmikan Kamis (31/12/09). kbc3

Bagikan artikel ini: