Tiga fitur anyar di Instagram, sudah coba?

Kamis, 28 Juni 2018 | 13:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Media sosial Instagram memperkenalkan sejumlah fitur baru. Apa saja yang bisa dilakukan dengan ketiga fitur tersebut? Berikut keterangan resmi dari Instagram:

Video Chat di Instagram Direct

Nah, sekarang para pengguna Instagram bisa melakukan video chat melalui Instagram Direct, baik ke satu orang teman maupun grup teman-teman. Fitur ini akan memberikan pengguna pengalaman berbagi video real-time secara personal ke teman-temannya.

Untuk menggunakan video chat, geser kiri laman utama untuk masuk ke Direct dan buka salah satu thread pesan. Ketuk ikon kamera terbaru di sisi kanan atas layar dan teman Anda akan menerima notifikasi panggilan masuk. Ketika sedang melakukan video chat, Anda dapat mengecilkan layar video dan melanjutkan kegiatan lain di Instagram, termasuk mengirim pesan dan foto melalui Direct, menelusuri feed, mengunggah Stories, dan lainnya.

Video chat juga dapat digunakan bersama sekelompok teman dekat, di mana Anda dapat melakukan video chat dengan maksimal empat orang di saat yang bersamaan. Seiring dengan perkembangannya, fitur ini akan menambah jumlah teman yang dapat bergabung. Jika ada sebuah video chat yang sedang berlangsung dalam utas pesan grup, ikon kamera akan berubah menjadi biru. Ketuk ikon tersebut dan Anda akan bergabung dalam keseruan video chat bersama teman-teman Anda. Ketika Anda ingin meninggalkan video chat, ketuk ikon telepon berwarna merah di bagian bawah layar.

Anda juga memiliki kendali penuh terhadap video chat Anda. Anda dapat melakukannya dengan siapapun yang berada dalam laman Direct. Jika Anda memblokir seseorang, mereka tidak dapat melakukan video chat dengan Anda. Anda juga dapat mematikan notifikasi panggilan masuk dari akun tertentu yang tidak ingin Anda terima. Untuk memperbarui notifikasi video chat, ketuk ikon roda gigi pada profil Anda dan temukan pengaturan video chat terbaru di Push Notification.

Kanal Topik di Laman Explore

Kanal topik di laman Explore akan memberikan Anda cara baru untuk menemukan hal yang menarik di Instagram. Ketika membuka laman Explore, Anda akan melihat barisan pilihan kanal pada bagian atas layar dengan saluran yang telah dipersonalisasi, termasuk kanal “Untuk Anda (For You)”, yang memiliki berbagai postingan yang telah disesuaikan dengan minat Anda. Anda akan melihat kanal topik yang Anda sukai seperti Seni, Olahraga, Kecantikan, atau Fesyen, serta daftar hashtag yang memberikan cara baru untuk mengeksplor minat.

Instagram juga memberikan Anda cara yang lebih baik untuk mengontrol apa yang Anda lihat di laman Explore. Anda dapat menelusuri berbagai minat Anda dengan menggeser setiap postingan, atau Anda dapat menelusuri minat Anda lebih dalam dengan menekan kanal tertentu atau menggulir ke atas. Jika Anda ingin menghapus kanal topik, tekan dan tahan kanal tersebut lalu pilih “Diam” atau “Mute” dari menu, sehingga kanal tersebut akan berpindah pada bagian paling akhir, memberikan Anda opsi untuk mengaktifkannya kembali kapan saja.

Efek Kamera Terbaru

Instagram juga telah menghadirkan efek kamera terbaru yang dirancang khusus oleh Ariana Grande, Buzzfeed, Liza Koshi, Baby Ariel, dan NBA di kamera Instagram. Anda dapat melihat efek terbaru di kamera Instagram dengan mengetuk ikon wajah di bagian kanan bawah. kbc2

Bagikan artikel ini: