Antisipasi abu Gunung Agung, Banyuwangi bagi-bagi masker gratis

Selasa, 3 Juli 2018 | 19:25 WIB ET

BANYUWANGI, kabarbisnis.com: Erupsi Gunung Agung di Pulau Bali mulai berdampak ke Banyuwangi. Semburan abu vulkanisnya sampai ke kabupaten paling timur pulau Jawa itu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemkab Banyuwangi membagikan masker gratis kepada warga dan para pengguna jalan, Selasa (3/7).

“Warga Banyuwangi berdoa dan selalu bersama warga Pulau Bali. Semoga Pulau Bali senantiasa nyaman dan aman, semua warganya terlindungi,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

“Dinas terkait telah mulai membagikan masker gratis. Hari ini kita bagikan 8.000 masker. Dan siap ditambah lagi,” inbuh Anas.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono menambahkan, program pembagian masker gratis tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat Banyuwangi untuk menjaga kesehatan di tengah gejala alam tersebut. 

"Agar ada edukasi pada masyarakat. Saat ini abu Gunung Agung mencapai Banyuwangi, jadi perlu menjaga kesehatan. Terutama penapasan," terang dr Rio, sapaan akrabnya. 

dr Rio juga mengimbau warga Banyuwangi untuk membatasi diri beraktivitas di luar ruangan seiring meningkatnya aktivitas Gunung Agung. "Jika harus keluar, usahakan gunakan masker. Apalagi jika mengendarai motor," pesannya.

Sementara itu, Bandara Banyuwangi juga ditutup hingga pukul 15.00 WIB karena kondisi tersebut. Sejumlah penerbangan menuju dan dari Jakarta serta Surabaya dibatalkan. Semua penumpang mendapat penggantian uang tiket karena pembatalan itu. kbc2

Bagikan artikel ini: