Ini strategi YouTube kejar Netflix dan Amazon

Minggu, 29 Juli 2018 | 08:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: YouTube dikabarkan tengah menyiapkan sejumlah serial dan program orisinal lainnya untuk pasar internasional. Hal ini demi tak tertinggal dari Netflix dan Amazon.

Susanne Daniels, Global Head of Original Programing YouTube, mengatakan program-program tersebut akan berbentuk serial, dokumenter musik, reality show, dan talk show. Pasar yang menjadi target di antaranya Prancis, Jerman, Jepang, Meksiko, dan India.

Reuters melansir Sabtu (28/7/2018), ini menjadi strategi YouTube untuk menarik pelanggan baru untuk layanan berbayarnya. "Kami menargetkan pasar yang memiliki potensi pelanggan berbayar," ujarnya.

Beberapa tayangan itu akan tampil dalam YouTube Premium, layanan berbayar bulanan yang sebelumnya bernama YouTube Red. Namun, konten lainnya bakal tersedia dalam layanan gratis mereka.

YouTube sebelumnya sudah memiliki beberapa konten orisinal di India dan Korea Selatan (Korsel). Daniels menyebut acara talk show "UnCricket" di India mampu menarik animo yang luar biasa besar.

Sementara itu, reality show yang menampilkan grup musik Big Bang asal Korsel yang ditayangkan tahun lalu mampu menarik jumlah pelanggan berbayar yang besar dan 50% di antaranya datang dari luar Negeri Ginseng.

Netflix tercatat memiliki 125 juta pelanggan di seluruh dunia. Tahun ini, perusahaan asal AS itu menganggarkan dana US$8 miliar untuk program-programnya, dengan menggandeng banyak aktor dan sutradara ternama.

Adapun Amazon menyediakan layanan konten streaming melalui Prime Video. Hingga awal 2017, penontonnya mencapai lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia. kbc10

Bagikan artikel ini: