Kendaraan pegawai pos di tiga kota ini bakal jadi sasaran uji coba baterai motor listrik

Selasa, 7 Agustus 2018 | 19:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perindustrian tengah menguji baterai motor yang digunakan untuk kendaraan transportasi sehari-hari. Uji coba dilakukan pada motor petugas pos di tiga kota Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin, Harjanto, mengatakan eksperimen itu akan dilakukan di sejumlah area, yakni Kota Bandung di Provinsi Jawa Barat, Kota Denpasar di Provinsi Bali, dan Kecamatan Kuta di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. "Awalnya akan diuji coba untuk motor pos, semacam itu," kata Harjanto, Senin (6/8/2018).

Pengujian itu atas kerjasama Kemenperin, Panasonic, Honda dan Organisasi Pengembangan Teknologi dan Energi Baru Jepang (New Energy and Industrial Technology Development Organization/NEDO). Menurutnya, perjanjian sudah dilakukan sejak tahun lalu.

Harjanto memaparkan dalam uji coba tersebut baterai yang digunakan adalah Honda Mobile Power Pack atau paket baterai yang bisa dilepas alias dicopot untuk berbagai penggunaan. Dengan mekanisme tersebut, pengendara tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisi ulang baterai.

Harjanto menambahkan Panasonic memiliki pengalaman yang cukup dalam pengembangan baterai berkualitas tinggi dan berkualitas tinggi untuk mobil. "Saya juga sudah bilang ke Panasonic untuk mengembangkan baterai mobil listrik. Sekarang kan ada tax holiday untuk pengembangan baterai," tukasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: