Fitur tarik e-mail terkirim Gmail kini sudah hadir di Android

Kamis, 23 Agustus 2018 | 08:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Fitur "Undo Sent" sudah beberapa tahun terakhir terpatri pada layanan surat elektronik (e-mail) Gmail untuk desktop.

Fitur itu memungkinkan pengguna menarik kembali e-mail yang terlanjur dikirim. Kini Undo Sent diekspansi lebih jauh ke versi aplikasi mobile, dimulai dengan sistem operasi Android. Untuk mendapatkannya, pastikan aplikasi Gmail Anda sudah diperbarui ke versi 8.7.

Cara menjajalnya mudah, Anda cukup membuka aplikasi Gmail di smartphone atau tablet Android. Setelahnya tekan “Compose” untuk mulai menulis e-mail. Isi “To” dengan alamat e-mail penerima, disertai “Cc” dan “Bcc” jika perlu. Bubuhkan judul, lantas tulis e-mail yang hendak Anda kirim hingga akhirnya menekan ikon pesawat terbang kertas di sisi kanan atas.

E-mail yang sudah terkirim itu bisa dibatalkan dengan menekan pilihan “Undo” di sisi kanan bawah. Pasca membatalkan pengiriman e-mail, antarmuka Gmail bakal mengarahkan Anda kembali ke “Compose” untuk menulis e-mail baru.

Tentu saja Anda bisa memilih untuk serta-merta keluar dari aplikasi Gmail atau menulis e-mail baru untuk dikirim kembali, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (21/8/2018), dari situs resmi Google Support. Opsi “Undo” ini berlaku selama sekitar 10 detik pasca pengiriman e-mail.

Jika lewat dari tenggat itu, Anda tak bisa lagi menariknya. Dengan “Undo Sent”, pengguna seakan diberi kesempatan kedua untuk memperbaiki kelalaiannya, misalnya ada typo, kekeliruan tata bahasa, atau sekadar salah tujuan pengiriman. Selamat mencoba! kbc10

Bagikan artikel ini: