BI maklumi bank belum sepenuhnya implementasi relaksasi LTV

Minggu, 26 Agustus 2018 | 18:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Meski Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan aturan relaksasi loan to value (LTV), namun belum serta merta ditindak lanjuti oleh industri perbankan.

Hal ini karena masih ada beberapa hal harus dilakukan bank seperti implementasi aturan teknis dari Bank Indonesia (BI) yang saat ini belum dikeluarkan dan menunggu addendum dengan perbankan dan developer. 

Asisten Gubernur Kepala Departmen Kebijakan Makropudensial BI, Filianingsih Hendarta memastikan dengan peraturan BI (PBI) yang ada bank sudah melakukan implementasi LTV pada awal Agustus 2018.

"Dengan PBI harusnya sudah bisa jalan, tapi kalau banknya masih konsolidasi internal, ini bukan karena masalah PADG yang belum keluar," kata Fili, Jumat (24/8/2018).

BI menargetkan peraturan anggota dewan gubernur (PADG) sebagai pelengkap PBI LTV bisa keluar awal September 2018. Masih belum banyak yang menerapkan relaksasi LTV secara menyeluruh ini menurut BI karena bank masih melakukan penyesuaian pedoman internal dan penyesuaian bunga dan ketentuan peraturan OJK (POJK).

Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK, Anto Prabowo bilang, saat ini bank sedang menyiapkan diri dalam hal relaksasi LTV. "Termasuk OJK juga aktif sosialisasi paket kebijakan tersebut," kata Anto, Jumat (26/8/2018).

Sehingga dengan POJK mengenai ATMR KPR diterbitkan dalam waktu dekat maka perbankan bisa mengimplementasi kebijakan sesuai aturan yang berlaku. kbc10

Bagikan artikel ini: