Gudang Garam siapkan Rp10 triliun untuk bangun bandara Kediri

Rabu, 29 Agustus 2018 | 08:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Gudang Garam Tbk (GGRM) menganggarkan Rp 10 triliun untuk pembangunan Bandara Kediri di Jawa Timur. Hingga saat ini, total dana investasi yang sudah dikeluarkan GGRM mencapai Rp 1 triliun.

"Kami bikin bandara baru pertama kali. Investasinya di atas Rp 1 triliun dan di bawah Rp 10 triliun," tutur Istata T Siddharta, Direktur PT Gudang Garam Tbk di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Menurut Istata, proses pembangunan Bandara Kediri membutuhkan waktu lebih dari 2 tahun. "Target pembangunan nggak mungkin selesai dalam waktu satu sampai dua tahun. Untuk benar-benar siap digunakan harus lebih dari 2 tahun," kata dia.

Dia menambahkan, proyek pembangunan Bandara Kediri kini telah menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Kendati demikian, Bandara Kediri tidak menjamin akan rampung pada 2019 mendatang.

"Walau sudah masuk PSN, tidak ada jaminan akan cepat selesai. Tapi dengan masuknya ke PSN ini memberi manfaat karena pemerintah full support mengatasi kendala-kendala yang dihadapi," kata dia.

Lebih lanjut Istata menjelaskan, terkait luas dan panjang landasan pacu Bandara Kediri, pihaknya masih mempertimbangkan. "Landasan pacu masih mempertimbangkan berapa meter luas dan panjangnya, ujarnya.

Adapun mengenai sumber pendanaan untuk proyek Bandara Kediri, saat ini seluruhnya menggunakan kas internal.

"Lihat saja di laporan keuangan kami berapa besar revenue dan laba, bisa disimpulkan. Tapi kami tidak menutup diri untuk investor ini masuk, kami masih open untuk itu, namun belum memutuskan apakah akan menggandeng pihak lain atau tidak," tutup dia. kbc10

Bagikan artikel ini: