Sutradara Hollywood ramal penonton bioskop kian sepi, ini alasannya

Senin, 3 September 2018 | 09:49 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sutradara Hollywood David Cronenberg meramalkan gedung bioskop tak akan lagi dikunjungi para penikmat film di masa depan. 

Pernyataan pembuat film The Fly dan Naked Lunch itu dilontarkan dalam sebuah acara di Festival Film Venice akhir pekan lalu. 

"Hiburan di layar televisi semakin membesar sehingga mengikis perbedaan antara tayangan film di bioskop dan di rumah," kata Cronenberg seperti dilansir dari AFP.

Cronenberg pun berkata bahwa telah ada perubahan dalam gaya bahasa visual yang justru kian menjauh dari gaya layar lebar. 

"Pernah ada aturan bahwa bidikan close-up hanya digunakan untuk TV, bukan untuk film. Tapi hari ini aturan itu tak berlaku lagi," kata dia seperti dilaporkan Variety. 

Peringatan Cronenberg ini bukan yang pertama ia lontarkan. Pada Juli, dia mengatakan kepada para mahasiswa di sebuah kampus di Toronto bahwa layanan streaming akan menghancurkan layar besar [bioskop] menjadi begitu banyak layar kecil.

Fenomena tersebut menurut Cronenberg menjadi tekanan tersendiri bagi para penonton setia bioskop. "Tetapi hal itu bukan masalah untuk saya. Faktanya saya justru menikmati," ujar dia. 

Ancaman terhadap bioskop salah satunya ditandai oleh perseteruan antara penyelenggara Festival Film Cannes dengan dengan penyedia konten film Netflix.

Pihak Cannes menuntut perusahaan penyedia konten itu agar terlebih dulu memutar film yang akan mereka rilis di bioskop, sebelum melepasnya secara online. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung para pemilik bioskop. kbc10

Bagikan artikel ini: