Terdorong pelemahan rupiah, AHM kerek harga suku cadang motor

Selasa, 4 September 2018 | 09:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Sekitar (AS) membuat sejumlah industri yang mengandalkan bahan baku impor harus menyesuaikan harga jual.

Salah satunya adalah PT Astra Honda Motor (AHM), yang mulai melakukan penyesuaian harga yang menyebabkan naiknya harga suku cadang.

Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, AHM harus menyesuaikan harga akibat melemahnya nilai tukar rupiah ini. Karena dari sisi material atau pembuatan suku cadang ada beberapa yang impor.

“Kalau efek secara langsung memang berdampak pada kenaikan harga suku cadang, karena beberapa komponen masih impor,” kata Muhib, Senin (3/9/2018).

Naiknya harga memang memberikan dampak pada penjualan. Namun, menurut dia sektor pembangunan pada infrastruktur bisa memacu perbaikan informal dan mendongkrak pasar.

Menurut Muhib, suku cadang yang naik juga berdampak pada daya beli masyarakat. “Jika melihat secara makro, pelemahan nilai tukar domestik memang berdampak pada daya beli masyarkat,” ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: