Batik Air kini terbang langsung ke Labuan Bajo dari Surabaya

Minggu, 9 September 2018 | 04:46 WIB ET

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Destinasi wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur menyajikan wahana wisata alam yang luar biasa. Lanskap alam yang menarik, garis pantai yang istimewa dan juga panorama yang tiada duanya seperti Wae Rebo, Sawah Lingko, Gili Laba, Danau Keli dan masih banyak lagi akan semakin mudah dijangkau bagi warga Jawa Timur umumnya dan Surabaya pada khususnya. Hal ini karena maskapai Batik Air membuka rute baru yang menghubungkan Jawa Timur dengan Kabupaten Manggarai Barat.

Penerbangan perdana Batik Air dari Surabaya menuju Labuan Bajo, dilakukan pada Jumat (7/9) dengan nomor  penerbagan ID6130. Pesawat lepas landas dari Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur (SUB) pukul 11.10 WIB dengan penumpang sejumlah 142  orang dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, NTT (LBJ) pada pukul 13.40 WITA.

 

Untuk rute sebaliknya, Batik Air menggunakan nomor ID6131 dengan jadwal keberangkatan pukul 14.25 WITA dari Labuan Bajo dan akan tiba di Surabaya pada pukul 14.55 WIB. Penerbangan perdana ini menggunakan pesawat Airbus A320-200 dengan jadwal reguler pergi pulang (PP) 4 (empat) hari selama seminggu yakni Senin, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu.

 

"Minat wisatawan domestik dan internasional terkait wisata di Indonesia bagian Timur seperti Labuan Bajo sangat tinggi dan diharapkan dengan penerbangan perdana ini dapat mendukung pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan domestik di Indonesia," ujar Direktur Utama PT Batik Air Achmad Lutfie sesaat setelah simbolis acara penerbangan perdana.

 

Senada dengannya, manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut baik dibukanya penerbangan perdana ini.

 

"Kami senantiasa berupaya menjadi mitra pemerintah untuk mendorong promosi pariwisata daerah, secara kapasitas dan operasional Bandara Juanda siap melayani tambahan penerbangan dengan destinasi wisata seperti Labuan Bajo," ujar General Manager Bandara Juanda Heru Prasetyo

 

Dengan masuknya rute Surabaya-Labuan Bajo ini, maka kini total 36 rute penerbangan domestik dari 9 maskapai beroperasi di Bandara Juanda Surabaya. Selama tahun 2018 hingga bulan Agustus, Bandara Internasional Juanda telah melayani 14.141,956 penumpang atau naik 8 % dari tahun lalu, sedangkan untuk pergerakan pesawat sebanyak 104.989 pergerakan atau naik 8.2 % dan untuk kargo sebanyak 71.714.074 kg, naik 11.6 % dari periode yang sama tahun lalu. 

Bagikan artikel ini: