Doodle hari ini rayakan ulang tahun ke-20 Google

Kamis, 27 September 2018 | 08:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Jika Anda membuka halaman depan mesin pencari Google hari ini, Kamis (27/9/2018) Anda akan mendapati sebuah doodle bertajuk "Ulang Tahun Google ke-20".

Selamat ulang tahun, Google! 27 September adalah hari yang bersejarah untuk Google. Raksasa teknologi yang mempermudah hajat hidup penduduk Bumi itu kini berusia 20 tahun. 

Doodle spesial tersebut berbentuk balon yang membentuk kata Google dengan angka 20 di tengahnya.

Jika diklik, doodle tersebut akan menampilkan sebuah video YouTube yang berisi animasi sejumlah kata pencarian dalam berbagai bahasa.

Dimulai dari kata kunci "What is Google" di mesin pencari Google versi lawas. Yang menarik, Google turut menyertakan kata kunci pencarian dengan bahasa Indonesia.

Siapa sangka, Google dulunya lahir di sebuah kamar asrama Universitas Stanford. 

Seperti dikisahkan pada laman Daily Mail, pada tahun 1995 di Stanford University di Stanford, California, calon mahasiswa pascasarjana Larry Page, bertemu Sergey Brin, seorang mahasiswa di perguruan tinggi.

Setelah menjadi teman, Page dan Brin mengembangkan mesin pencari dari kamar asrama mereka yang dikenal sebagai Backrub pada tahun 1996. Mereka merancang dan meningkatkan pencarian online dengan menggunakan tautan untuk menentukan pentingnya halaman situs web.

Setelah berganti nama menjadi Google tidak lama kemudian, pendiri Sun Microsystem Andy Bechtolsheim berinvestasi $100,000 untuk mendirikan startup pada bulan Agustus 1998. Page dan Brin secara resmi mendaftarkan Google pada tanggal 4 September 1998.

Investasi di perusahaan baru itu memungkinkan Page dan Brin pindah ke lokasi baru dan bekerja di garasi di Menlo Park, California, yang dimiliki oleh karyawan dan CEO YouTube masa itu, Susan Wojcicki. kbc10

Bagikan artikel ini: