BI kembali kerek suku bunga acuan jadi 5,75 persen

Kamis, 27 September 2018 | 18:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) melalui Rapat Dewan Gubernur Bulanan (BI) memutuskan menaikkan suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75 persen.

Jika diakumulasi, BI telah menaikkan suku bunga sebanyak 5 kali sebesar 150 bps hingga bulan September ini. Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan berbagai pertimbangan tersebut untuk menyikapi kondisi global. Adapun suku bunga deposit facility juga naik 25 bps menjadi 5 persen dan lending facility 6,5 persen, dan berlaku efektif Kamis (27/9/2018) ini.

"Keputusan tersebut konsisten dengan upaya untuk menurunkan defisit transaksi berjalan (CAD) ke dalam batas aman," ujar Perry saat konferensi pers hasil RDG di Gedung BI, Rabu (27/9/2018). 

Sebagai informasi, defisit neraca berjalan dalam kuartal II 2018 sebesar 2 persen dari PDB. BI pun menyatakan mendukung pemerintah untuk mengendalikan CAD melalui dorongan ekspor dan menurunkan impor.

Selain itu, Perry juga mengatakan, keputusan tersebut konsisten dengan keyakinan dan upaya BI mempertajam daya tarik pasar keuangan domestik di tengah ketidakpastian pasar keuangan global. "Ini untuk menjaga stabilitas terutama nilai tukar rupiah," kata Perry.

Selanjutnya, BI akan mencermati mempercepat langkah-langkah di pasar keuangan untuk mendukung pembentukan struktur pasar uang yang lebih efisien seiring dengan semakin berkembangnya pasar uang di dalam negeri. "BI meningkatkan efektifitas swap valas baik dalam rangka operasi moneter maupun hedging dengan tingkat harga lebih murah," kata Perry.

Sebagai informasi, bank sentral AS Federal Reserve sebelumnya telah memutuskan untuk kembali menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate pada Rabu (26/9/2018) waktu setempat. Dalam pernyataannya, The Fed secara tersirat menyatakan era kebijakan moneter yang akomodatif telah berakhir. The Fed menaikkan suku bunga acuan FFR sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 2-2,5 persen. kbc10

Bagikan artikel ini: