Jadi pembeli terbesar, pemerintah RI rayu Boeing beli baja asal Indonesia

Kamis, 27 September 2018 | 19:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengungkapkan bahwa Lion Air menjadi pembeli terbanyak pesawat dari Boeing asal Amerika Serikat (AS). Hal itu seharusnya memperkuat posisi Indonesia dalam hubungan dagang dengan Negeri Paman Sam. Dia mendorong AS menyerap produk baja dari Indonesia.

"Sepanjang 2017 Lion Air mencatatkan transaksi (dengan Boeing) USD 77 miliar transaksi," kata dia di acara 'US-Indonesia Investment Summit (USIII) 2018' di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Politisi Nasdem ini mengungkapkan kerja sama dagang dengan AS tentu berpotensi untuk berkembang lebih besar. Indonesia tentu masih membutuhkan produk asal AS, seperti pesawat.

Namun di sisi lain, kata dia, Amerika Serikat tentu harus juga menyerap produk yang berkaitan dengan produk industri yang diekspor Indonesia. "Indonesia men-support industri baja dan alumunium Amerika, Indonesia adalah konsumen terbesar Boeing di dunia," kata dia.

"261.000 manusia dan 17.000 pulau Indonesia butuh pesawat yang baik. Kami butuh (lebih banyak) Boeing dan kamu butuh (lebih banyak) baja," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: