Co-working space di kawasan bergengsi ini ditawarkan mulai Rp120.000/hari

Senin, 8 Oktober 2018 | 23:21 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: DreamHub, co-working space yang berlokasi di Gedung Equity Tower, di bilangan Sudirman Central Business District (SCBD)  Jakarta Selatan menawarkan ruang kerja premium dengan harga terjangkau. Untuk ruangan kerja komunal, pebisnis pemula dan perusahaan rintisan cukup merogoh kantong mulai Rp 120.000 per hari atau Rp 1,6 juta per bulan.

CEO DreamHub Yan Prasetya mengatakan bahwa DreamHub membawa visi kolaborasi dan pemberdayaan kewiraswastaan untuk mendukung perkembangan komunitas dan perusahaan-perusahaan perintis atau startup. Mulai dari internet cepat, ruang kerja komunal yang nyaman hingga personal assistant.

“Prinsip orang bekerja menjadi lebih fleksibel dan memberikan peluang untuk membangun networking. Kita ada lokakarya pemberdayaan wirausaha untuk bisnis bisa maju bersama,” ujar Prasetya usai peluncuran di Jakarta, Senin (8/10/2018).

Yan Prasetya menuturkan pelaku bisnis dapat memilih ruang kerja dengan waktu harian, mingguan ,bulan hingga tahunan. Harga sewa yang dipatok per hari mulai Rp 120.000, Rp 400.000 per pekan atau Rp 1,6 juta per bulan untuk flexi desk atau kursi yang bisa berpindah-pinndah. Sementara Rp 2,5 juta untuk dedicated desk atau area komunal yang disewakan per kursi.

DreamHub menawarkan fasilitas 11 ruang kerja privat, 38 kursi kerja , ruang rapat dan ruang acara.  Saat ini DreamHub sudah tiga ruang kerja privat yang terisi. “Kita targetkan akhir tahun 2018  tingkat keterisian sudah 50 persen dari kapasitas yang ada,” ujar Yan Prasetya.

Yan Prasetya optimis target tersebut dapat terpenuhi karena DreamHub menawarkan harga sewa ruangan yang lebih murah yakni Rp 6 juta per bulan. Padahal, harga pasaran dikawasan SCBD mencapai Rp 8 juta.  Sementara flexi desk , lazimnya sudah diatas Rp 200.000-Rp 300.000 per hari.“Kita juga akan sering mengadakan event (workshop)”terangnya.

Investasi yang dikeluarkan DreamHub sebesar Rp 2 miliar yang digunakan untuk merenovasi interior dan menyewa ruangan.Dalam pembukaan DreamHUB hari ini, juga dilakukan workshop yang bertema "Developing the Brand is the Biggest Investment in Your Business". 

Beberapa pembicara yang hadir adalah Chief Happiness Office CIRDA ideaworks Nadia Zein dan Creative Strategic Director Getcraft Ray Rahendra.Lokakarya ini menekankan pengembangan konsep dan identitas dari sebuah merek agar dapat bersaing di era digital yang begitu ketat.

Kesempatan sama President Coworking Indonesia Faye Alund menyebutkan jumlah coworking space di Tanah Air kian meningkat. Hal ini memberikan penilaian bahwa  coworking space telah mengubah cara bekerja menjadi fleksibel dan membangun jaringan.

Apabila tahun 2015, jumlah coworking space baru tercatat 35, ditahun berikutnya bertambah menjadi 65 coworking space. Kemudian di tahun 2017 , meningkat cukup pesat menjadi 180 coworking space di Indonesia.Adapun di tahun 2018 ini terdapat 220 coworking space tersebar di seluruh Tanah Air.

Faye mengakui mayoritas coworking space masih berada di Jawa. “Namun, kita mulai menyebar berkembang sampai ke Sumatera,” terang Faye seraya menambahkan dibutuhkan kreativitas dan inovasi terus menerus dari pemilik agar dapat bertahan menjalankan bisnis coworking space.kbc11

Bagikan artikel ini: