Xiaomi pasarkan smart TV yang sebenarnya, harganya mulai Rp1,99 jutaan

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 11:16 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Xiaomi rupanya tak hanya jago dalam menghasilkan produk ponsel pintar canggih dengan harga terjangkau. Pabrikan ini kian memperkuat penetrasinya di segmen produk elektronik berteknologi pintar, salah satunya dengan menghadirkan smart TV.

Product PR Manager Xiaomi Indonesia, Andi Renreng mengatakan, saat ini pihaknya menyapa pasar smart TV di Tanah Air dengan menghadirkan dua varian, yakni Mi TV 4A 32 inch dan Mi TV 4A 43 inch.

Pihaknya optimis produk ini akan mampu mencuri perhatian konsumen, selain karena televisi ini diklaim yang benar-benar pintar dikategori smart TV, harganya pun sangat terjangkau. Mi TV 4A 32 inch misalnya, hanya dibanderol Rp 1,99 juta, sedang Mi TV 4A 43 inch dihargai Rp 3,99 juta per unit.

"Untuk mendapatkan produk ini, sudah tersedia di outlet Mi Store di beberapa kota. Di Surabaya kami ada di Tunjungan Plasa 6, Pakuwon Mall dan Plasa Marina," ujar Andi kepada wartawan di Surabaya, Jumat (19/10/2018).

Dijelaskannya, khusus untuk Mi TV 4A 43 inch, telah dipersenjatai speaker stereo dual 8W dengan fitur DTS guna keluaran suara surround. Masuk lebih dalam, dapur Mi TV 4A menggunakan prosesor empat inti 64bit Amlogic dikombinasi dengan RAM 1GB dan memori internal eMMC 8GB.

Ada juga 2 lubang HDMI, satu lubang ARC, tiga lubang USB 2.0, dan lubang ethernet. TV juga disertai dengan dukungan Wi-Fi dan Bluetooth 4.2.

Meski murah, Xiaomi menggunakan desain remote layaknya televisi kelas atas dengan jumlah tombol yang minim (total 12 tombol).

Jadi, dapat dikatakan desainnya mirip dengan remote dari Apple TV. Tidak menggunakan konektivitas inframerah, remote Mi TV 4A menggunakan konektivitas Bluetooth dan memiliki mik untuk masukkan perintah suara.

Televisi ini memang menggunakan sistem operasi Android TV dengan fitur-fitur yang dimiliki. Namun, seperti yang dilakukan pada produk ponselnya, Xiaomi membalut sistem operasi besutan Google dengan sentuhan mereka sendiri.

PatchWall OS merupakan sistem operasi yang digunakan, memiliki fitur-fitur yang telah disesuaikan dengan minat pasar Indonesia.

"Saat ini, konten TV masih terbatas dan membosankan. Selain itu, kebanyakan smart TV tidak terjangkau. Jadi, kami membawa TV pintar untuk orang Indonesia, yakni Mi TV 4A 32 dan 43 inci," tutur Andi.

Ia menjelaskan bahwa Xiaomi telah bekerja sama dengan 12 penyedia layanan untuk menyajikan beragam konten pilihan. Beberapa penyedia layanan tersebut adalah Hooq, Iflix, Catchplay, bein Sports, dan Spotify.

Tidak perlu takut keluar biaya lagi. Sebab, bentuk kerja sama yang dilakukan Xiaomi tersebut berbuah penyediaan layanan premium yang gratis bagi pengguna Mi TV 4A. Durasi gratisnya biaya langganan layanan premium beragam  dari 3 hingga 6 bulan. 

“Kami menyediakan konten yang dapat dinikmati hingga durasi 700 ribu jam atau jika diibaratkan dapat dinikmati dari Anda lahir hingga Anda berumur 70 tahun,” pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: