IFI Surabaya gandeng La Nyalla Academia gelar baksos dan layanan kesehatan gratis

Senin, 22 Oktober 2018 | 14:55 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Ikatan Fisioterapi  Indonesia (IFI) Cabang Surabaya bersama La Nyalla Academia menggelar bakti sosial berupa penyuluhan dan layanan kesehatan gratis untuk masyarakat.

Selain untuk mengenalkan fisioterapi secara luas, acara yang dilaksanakan di D` Boengkoel Cafe ini juga dalam rangka menyemarakkan World Physical Therapy Day atau Hari Fisioterapi Dunia yang jatuh pada 8 September. Ada sekitar 20 fisioterapis yang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di sela penyuluhan tentang kasus nyeri. Acara dibuka dengan senam pagi bersama.

Pendiri La Nyalla Academia, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengungkapkan, sebagai lembaga nirlaba yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, sesuai dengan motto dan tujuannya “Bersama untuk Kebaikan”, maka La Nyalla Academia mengapresiasi dan mendukung atas terlaksananya kegiatan bakti sosial tersebut.

“Kesehatan masyarakat harus menjadi tanggung jawab bersama agar mereka tumbuh menjadi masyarakat yang sehat, cerdas dan maju. Karena kesehatan adalah kunci, masyarakat akan menjadi produktif jika badannya sehat, dan akan tertinggal jika sakit-sakitan,” tegas La Nyalla yang saat ini mencalonkan diri sebagai Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Jatim di Surabaya, Minggu (21/10/2018).

Ketua IFI Cabang Surabaya Andi Setyawan mengatalan bahwa sebagai tenaga ahli kesehatan, IFI merasa berkewajiban untuk ikut mendarmabaktikan kompetensinya melalui berbagai acara yang kerap dilaksanakan, salah satunya dengan melakukan baksos dan penyuluhan disaat perayaan World Physical Therapy Day.

“Penyuluhan kali ini lebih menitikberatkan pada kasus nyeri. Kasus nyeri menjadi fokus kami karena kasus tersebut semakin banyak ditemui.  Bahkan dari penelitian yang telah dilakukan, satu dari setiap lima orang pernah mengalami nyeri. Nyeri leher dan nyeri punggung adalah sindrom yang paling banyak dialami oleh tenaga kerja,” ujar Andi Setyawan saat pelaksanaan bakti sosial.

Lebih lanjut mengungkapkan bahwa kasus prevalensi nyeri punggung bawah (NPB) di negara industri saat ini sudah mencapai sebesar 70 persen dalam sepanjang hidup seseorang.  Akibatnya, diantara para pekerja, 178,8 juta hari dalam setahun menjadi terbatas karena gangguan NPB.

“Selain NPB, nyeri leher juga menjadi keluhan utama.  Sebanyak 5,9 persen hingga 22,2 persen penduduk dunia pernah mengalami nyeri leher. Keluhan nyeri yang muncul bila menggerakkan leher  membuat aktivitas penderita tidak menjadi efektif,” tambahnya.

Dan fisioterapis, menurut Andy, adalah salah satu profesional yang bertanggungjawab atas gerak, bertanggungjawab atas promosi dan pencegahannya. kbc6

Bagikan artikel ini: