Pemerintah kaji manfaatkan kapal Ro-Ro buat angkut barang rute Surabaya-Jakarta PP

Selasa, 23 Oktober 2018 | 11:49 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tengah mengkaji pembukaan jalur operasional kapal roll on roll off (Ro-Ro) untuk angkutan barang dari Surabaya ke Jakarta serta ke sejumlah daerah tujuan.

Pembukaan jalur tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi distribusi barang antar-daerah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan meminta sejumlah pihak seperti Dinas Perhubungan Jawa Timur dan asosiasi pelayaran untuk mengklarifikasi biaya angkutan barang dari Surabaya ke Jakarta. Termasuk biaya pelabuhan dan kesiapan infrastruktur pelabuhan.

"Mudah-mudahan nanti ketemu biaya yang kompetitif. Sehingga bisa saling menguntungkan," katanya usai meninjau Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sabtu (20/10/2018).

Surabaya adalah pintu perekonomian untuk Indonesia bagian timur. Hampir semua barang dan komoditas wilayah Indonesia timur disuplay dari Surabaya.

"Saya dengar ada 2.000 kontainer yang keluar dari Surabaya setiap harinya, ini tentu potensi yang luar biasa," ucapnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo, menyambut baik rencana Kementerian Perhubungan tersebut. Menurut dia Jawa Timur memiliki banyak pelabuhan.

"Jika tidak bisa melalui pelabuhan di Surabaya, bisa lewat pelabuhan di gresik, Lamongan, Pasuruan, Situbondo, bahkan hingga di Trenggalek juga ada," ujarnya.

Dibukanya jalur distribusi barang melalui laut dengan kapal Ro-Ro menurut Soekarwo juga akan mengurangi kepadatan jalur darat di Jawa Timur yang saat ini terus padat akibat aktifitas wisata. kbc10

Bagikan artikel ini: