Dukung program sadar pensiun, DPLK CAR gandeng Koperasi Warga Semen Gresik

Rabu, 24 Oktober 2018 | 14:52 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Saat ini kesadaran masyarakat terhadap dana pensiun masih sangat kurang. Masyarakat umumnya beranggapan dana pensiun hanya bisa dimiliki oleh pegawai negeri atau BUMN. Padahal anggapan itu tidaklah benar. Kini individu yang bekerja bisa mempersiapkan dana pensiun mereka sendiri. 

 

Dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) merupakan dana pensiun yang dipersiapkan dengan membayar iuran pasti setiap bulannya. Dana pensiun sendiri bisa dibeli oleh individu maupun Perusahaan. PT AJ Central Asia Raya sendiri telah memiliki DPLK CAR yang berdiri sejak 4 Juli 1995. Lebih dari 50 perusahaan yang telah bekerjasama dengan DPLK CAR untuk dana pensiun karyawannya.

 

“Jika dilihat dari pertumbuhannya DPLK CAR, jumlah total dana kelolaan  DPLK CAR naik sebesar 3.45% dari Rp 489.94  juta (2017) menjadi Rp 506.86 juta (semester I tahun 2018) atau rata-rata kenaikan jumlah dana kelolaan sebesar 14.15%,” ujar Antonius Probosanjoyo, Direktur PT AJ Central Asia Raya.

 

Untuk terus meningkatkan dana tersebut, DPLK CAR berupaya menggandeng banyak perusahaan dengan fokus pada channel penjualan korporasi. Salah satu hasil di jelang akhir tahun 2018 ini adalah DPLK CAR berhasil menggandeng Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG). Koperasi Warga Semen Gresik mengikutsertakan sekitar 500 karyawannya dalam Dana Pensiun. Iuran pensiun yang dibayarkan dibuat sangat fleksibel sesuai kemampuan karyawan, yaitu mulai dari Rp 50.000,-.

 

Peserta KWSG akan membayar iuran pensiun yang telah dipilih dan dibayarkan oleh peserta hingga usia 55 tahun. Lalu setelah masa pensiun peserta akan mendapatkan benefit berupa akumulasi iuran pasti yang telah dibayarkan sejak mengikuti DPLK CAR. Selain itu peserta akan mendapatkan nilai pengelolaan investasi dari iuran yang telah dibayarkan. “Namun jika nominal yang didapatkan lebih dari 50 juta rupiah maka dana pensiun yang didapatkan akan dikurangi Pajak atas manfaat pensiun sebesar 5%,” tambah Antonius.

 

Dana pensiun tentu memiliki banyak manfaat bagi karyawan namun untuk memaksimalkan itu, DPLK CAR berusaha untuk memberikan imbal hasil yang menarik dan selalu bersaing  untuk pengelolaan dana pensiun bagi peserta dan meminimalisasi resiko investasi. 

 

Koperasi Semen Gresik sendiri tergabung dalam Group Semen Gresik dimana di dalam banyak perusahaan lainnya. Sehingga jika perusahaan lainnya bergabung dan turut berpartisipasi menggalakkan program Sadar Pensiun maka semakin banyak lagi karyawan yang hari tuanya lebih terjamin. kbc12

Bagikan artikel ini: