Maruti Suzuki India siap jual Wagon R listrik di 2020

Selasa, 30 Oktober 2018 | 08:07 WIB ET

NEW DELHI, kabarbisnis.com: Maruti Suzuki India Limited mengumumkan rencana untuk meluncurkan kendaraan listrik ke India pada tahun 2020. Perusahaan kini mulai menguji 50 prototipe kendaraan listrik Suzuki Wagon R gen baru. Mobil-mobil ini dikembangkan oleh Suzuki Motors, Jepang.

Selain itu, Maruti juga menguji part buatan lokal pada prototipe sehingga akan meluncurkan mobil dengan harga yang lebih terjangkau sekitar Rs 7-9 lakh atau setara Rp 145,1 juta - Rp 186,6 juta. Suzuki Wagon R listrik pertama kali dipamerkan di the MOVE Summit, New Delhi awal tahun ini.

Suzuki Wagon R listrik sedang menjalani pengujian dalam berbagai medan dan kondisi iklim yang berbeda-beda Data yang dikumpulkan melalui tes ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan input terbaru untuk menyesuaikan teknologi kendaraan listrik di India.

WagonR listrik didukung oleh sistem 72 volt dengan kapasitas baterai 10-25kWh. Model listrik akan diposisikan pada platform HEARTECT gen berikutnya. Platform mesin ini juga digunakan pada Suzuki Swift dan DZire terbaru.

Tahun lalu, Maruti Suzuki dan Toyota menandatangani perjanjian untuk pengembangan kendaraan listrik. Perjanjian itu menyatakan bahwa Maruti akan bertanggung jawab untuk pembuatan EVS, dan Toyota menawarkan bagian teknis.

Paket baterai lithium-ion akan diproduksi oleh Maruti Suzuki bekerja sama dengan Denso dan Toshiba dan akan masuk ke produksi pada 2020. Total sebanyak 1,150 crores atau setara Rp 2,3 triliun akan diinvestasikan ke pabrik baterai baru di mana Suzuki akan menguasai 50 persen saham.

Dalam persaingan kendaraan listrik, Maruti Suzuki akan bersaing dengan Tata Motors dan Mahindra yang sudah memiliki penawaran pada kendaraan listrik. Ini sangat menarik, produsen mana yang memimpin penjualan mobil listrik di India. kbc10

Bagikan artikel ini: