Kalahkan AS,Swiss jadi negara dengan penduduk paling tajir di dunia

Jum'at, 2 November 2018 | 07:56 WIB ET

CANBERRA, kabarbisnis.com: Swiss kembali menjadi masyarakat terkaya di dunia. Temuan itu berdasarkan laporan tahunan Global Wealth Report dari Credit Suisse.

Negara penghasil coklat susu ini mendapatkan predikat masyarakat terkaya selama delapan tahun berturut-turut berdasarkan kekayaan rata-rata per orang dewasa. Di Swiss, rata-rata kekayaannya adalah USD 530.240 atau Rp 8 miliar (USD 1 = Rp 15.225), demikian lansiran Le News. 

Swiss diikuti Australia dengan jumlah USD 411.060 (Rp 6,2 miliar). Amerika Serikat (AS) berada di posisi nomor tiga dengan rata-rata orang dewasa mencapai Rp 6,1 miliar. 

Lebih dari 60 persen warga Swiss memiliki aset di atas USD 100 ribu (Rp 1,5 miliar). Sementara, hanya 11 persen warga AS yang memiliki aset dengan nilai sama. 

Pada daftar ini, kekayaan terdiri dari jumlah semua aset, termasuk properti, deposit, saham dan superannuation, dikurangi hutang, atau dikenal sebagai net worth (kekayaan bersih).

Namun dari segi perhitungan median kekayaan per orang dewasa, Swiss masih kalah dari Australia. Sehingga, persebaran kekayaan Australia masih lebih setara ketimbang Swiss. 

Selain terkenal karena coklat dan Alpen, Swiss juga terkenal sebagai tuan rumah Konferensi Davos yang dilaksanakan World Economic Forum. Pada tiap Januari, tokoh-tokoh elit serta berpengaruh di dunia ekonomi dan bisnis berkumpul di kota Davos untuk membahas isu relevan di dunia. kbc10

Bagikan artikel ini: