Ekspansi Benelli tahun depan di Indonesia, mulai bangun pabrik hingga rilis motor listrik

Kamis, 8 November 2018 | 14:34 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pabrikan motor asal Italia, Benelli rupanya melihat potensi pasar yang cukup besar di Indonesia. Kesuksesan penjualan di Tanah Air melalui sejumlah line up produknya membuat Benelli Motor Indonesia kian agresif dalam melakukan ekspansi di Indonesia.

Menurut Direktur PT Benelli Perkasa Motor selaku diler utama motor Benelli wilayah Jawa Timur dan Bali, Guntur P Siantar, pada tahun 2019 menjadi menjadi momen bagi Benelli untuk melakukan ekspansi besar-besaran, baik dari sisi produksi, jaringan, dan produk.

"Dari sisi produk, Benelli akan meluncurkan minimal tiga tipe baru untuk pasar Indonesia, yakni Adventure TRK 251, Benelli 502, dan Benelli 752. Bahkan kami juga tengah menyiapkan motor skuter listrik pertama," jelas Guntur pada press conference di booth Benelli di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2018 di Grandcity Convex Surabaya, Rabu (7/11/2018).

Tak hanya itu, pihaknya memastikan akan banyak model-model baru yang masuk baik untuk jenis retro scrambler, sport, cruiser, serta big bike dengan kapasitas mesin di atas 500 cc.

Sementara dari sisi produksi, ujar dia, Benelli Motor Indonesia juga akan melakukan investasi dengan membangun pabrik motor Benelli di Cikarang, Bekasi. Hanya saja Guntur belum bisa menyebutkan nilai investasi maupun kapasitas produksi pabrik tersebut.

"Tapi yang jelas saat ini sudah pada tahap persiapan, dan ditargetkan pabrik di Indonesia ini akan menjadi basis produksi Benelli untuk pasar Asia Pasifik. Karena saat ini Benelli hanya memiliki dua pabrik di dunia, yakni di Italia dan China," ulas Guntur.

Dia optimistis keberadaan pabrik Benelli di Indonesia akan memberikan nilai tambah, baik dari sisi harga, kualitas produk maupun local content. Sehingga diharapkan akan menggenjot penjualan.

"Karena saat ini kita masih sebatas pabrik perakitan yang ada di Bogor, Jawa Barat. Yang jelas Benelli ingin menghadirkan sebuah motor dengan model yang lagi tren dengan kualitas bagus namun harga terjangkau," ungkapnya.

Pada dasarnya, lanjut Guntur, minat konsumen terhadap motor Benelli di Indonesia cukup bagus. Terbukti, tahun ini saja penjualannya mengalami peningkatan hingga 200 persen dibanding tahun lalu.

"Hingga akhir tahun ini kami menargetkan bisa menjual 2 ribu unit untuk kawasan Indonesia Timur. Tahun depan seiring dengan banyaknya produk baru kami optimistis penjualannya bisa mencapai 5 ribu unit," ujarnya.

Selama ini kontribusi penjualan terbesar benelli diantaranya Motobi 202 Evo yang memberikan kontribusi 50 persen, Eagle 250 yang kontribusinya 30 persen, Motobi 152 dengn kontribusi 20 persen, dan sisanya model-model lain, seperti Motobi 200 Evo, Zafferano Efi, TNT 250 DOHC, Phyton 200, TNT 25, New Caffenero 150, TNT 135 Efi, dan SETA 125.

Sementara itu selama ajang IIMS Surabaya 2018 yang berlangsung hingga Minggu (11/11/2018), pihaknya menggelar beragam prrogram menarik diantaranya setiap pembelian motor Benelli akan mendapatkan hadiah langsung helm khusus Benelli yang disesuaikan dengan tipe motor yang bersangkutan. kbc7

Bagikan artikel ini: