Inisiasi kolaborasi positif anak muda lewat Kumpul Pemuda Kampung Surabaya

Selasa, 13 November 2018 | 06:14 WIB ET

Surabaya, kabarbisnis.com: Wadah dan jejaring adalah dua poin paling penting bagi aktivitas komunitas dan kepemudaan saat ini. Dengan wadah yang disediakan,  pemuda mendapatkan sarana berekspresi yang mampu meraih semangat membangkitkan aktivitas komunitas.  Sedangkan jejaring berguna untuk memberikan jalan bagi berbagai konunitas untuk mampu bertukar pikiran,  berkolaborasi hingga bergerak bersama. 

Kolaborasi Positif, gerakan sosial gotong royong anak muda Indonesia yang berfokus kepada menyebarkan nilai-nilai semangat anak muda mencoba membaca fenomena tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan "Kumpul Pemuda Kampung Surabaya". Kegiatan ini berlangsung di Kampung Lawas Maspati terletak di Jalan Maspati V, Bubutan,  Surabaya,  Minggu (11/11/2018). 

Kegiatan ini tidak terlepas dari aktifnya berbagai diskusi kepemudaan yang dilakukan di Kedai Kopi Omah Tua, Jalan Maspati V.  Dari berbagai diskusi yang intensif,  para pemuda ini berinisiatif untuk membuat sebuah kegiatan yang menginisiasi kebangkita pemuda Surabaya. 

Oleh karena itu,  Kumpul Pemuda Kampung diadakan dengan harapan untuk menjaring pemuda Surabaya agar mampu menjadi wadah kolaborasi dan berinovasi.  Sebagai pembukaan awalan,  kegiatan diadakan bertepatan dengan momen Hari Pahlawan 10 November.  Kedepannya, Kumpul Pemuda Kampung berencana untuk membuat kegiatan lainnya,  di kampung- kampung pemuda di Surabaya. 

Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah berbagai  komunitas yang ada di Surabaya,  Karang Taruna Kampung,  dan Oganisasi Kepemudaan.  Acara ini dibagi dalam dua sesi.  Sesi pertema yaitu menghadirkan diskusi cangrukan dengan pemateri yaitu Nora Ayudha dari Komunitas Dialektika Fajar Budhi dan Ketua Pusham Surabaya,  Wahyuning Tri Astuti. 

Sedangkan pada sesi kedua cangkruk bareng  menghadirkan Koordinator Gerakan Kolaborasi Positif,  Dimas Oky Nugroho, Ph.D.  Kegiatan ini juga menampilkan hiburan-hiburan.  Orasi Budaya akan dibawakan oleh Pak Madi Becak. Sedangkan penampilan musik akan dibawakan oleh Rasvan Aoki dan komunitas musik asli Kampung Lawas Maspati,  Musik Patroli Maspati. 

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Bazzar Kampung dan Pameran Komunitas. Komunitas membawa akan mempresentasikan profilnya dan memamerkan berbagai karya yang tentunya bisa memancing inovasi dan kreativitas pemuda Surabaya agar mampu berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.

Bagikan artikel ini: