Mandiri minta tanggungjawab BI

Kamis, 5 Maret 2009 | 21:23 WIB ET

US$31 juta masih tersangkut di Indover

JAKARTA: Bank Mandiri meminta tanggung jawab Bank Indonesia (BI) selaku pemegang saham Bank Indover. Dana mereka sebanyak US$31 juta masih tersangkut di Bank Indover.

Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardoyo, berharap BI mendesak Bank Indover memenuhi kewajibannya. Dia berharap klaim tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan ketentuan.

“Dana milik Bank Mandiri di Indover ada yang ditempatkan secara langsung dan ada pula yang ditanam melalui sindikasi,” kata Agus usai menghadap Menneg BUMN Sofyan Djalil, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/3).

Menurut dia, Mandiri telah melakukan pembicaraan dengan Indover baik secara sendiri maupun sindikasi agar proses penyelamatan dana bisa dilakukan.

“Kalaupun diputuskan dilikuidasi. Kami harap hal itu dapat dilakukan secepatnya,” tegas Agus seperti dilaporkan Antara.

Bank Indover yang berkedudukan di Belanda dengan nama NV De Indonesische Overzeese Bank, dibekukan kegiatan operasionalnya akibat gagal bayar (default) atas kewajiban sebesar US$92 juta. Saat itu, BI sebagai pemegang saham tidak kunjung menyuntikkan modal kepada anak usahanya itu.

Agus mengaku, efek likuidasi Indover tidak terlalu berpengaruh besar terhadap kinerja keuangan Mandiri pada tahun 2009, karena telah mencadangkan semua resiko penempatan dana tersebut. (kb7)

Bagikan artikel ini: