Gandeng AKR, British Petroleum siap bangun 350 SPBU di Indonesia

Jum'at, 30 November 2018 | 08:16 WIB ET

TANGERANG, kabarbisnis.com: British Petroleum (BP) resmi masuk ke bidang retail BBM dengan menggandeng PT AKR Corporindo (AKRA).

Hal ini ditandai dengan dibukanya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pertama mereka di daerah Rawa Buntu, Tangerang Selatan dengan nama BP AKR Fuel Retail.

BP sendiri merupakan perusahaan minyak asal Inggris yang salah satu produk andalannya adalah Castrol.

Menurut Corporate Secretary and Head of Investor Relation AKR Corporindo Ricardo Silaen, SPBU pertama mereka menandai keseriusan BP untuk menjajaki dan memasarkan BBM di Indonesia.

Perusahaan minyak asal Inggris Raya ini punya ambisi untuk membangun 350 SBPU di seluruh Indonesia.

"Dalam waktu dekat akan ada SPBU BP lainnya yang juga siap beroperasi. Kalau melihat dari rencana jangka panjang kami, dalam 10 tahun ke depan kami targetkan ada 350 SBPU BP yang tersebar di Indonesia," ucap Ricardo, Rabu (28/11/2018).

Meski tidak menjelaskan secara spesifik, namun Ricardo mengatakan, kalau kualitas BBM yang dipasarkannya diklaim punya kualitas baik dan punya daya saing.

Tidak hanya itu, harga yang ditetapkan untuk empat jenis BBM yang dipasarkan dianggap kompetitif, karena sedikit lebih murah dibandingkan dengan perusahaan BBM di luar Pertamina.

Di SPBU BP AKR ini mereka menyediakan tiga jenis bensin, yakni RON 90, 92, dan 95.

Sedangkan untuk jenis diesel hanya ada satu, dengan Cetane Number 53 dan dikandungi formula khusus ACTIVE.

Berikut tabel harga BBM di SPBU BP-AKR yang berlaku sejak 28 November 2018:

BP 90: Rp 10.550/liter

BP 92: Rp 10.800/liter

BP 95: Rp 12.350/liter

BP Diesel: Rp 12.150/liter

"Untuk harga karena memang untuk bisnis, kita set agar kompetitif dengan punya kompetitor, tapi memang penetapannya kita lakukan sesuai harga minyak mentah dunia," kata Ricardo.

Sementara itu Presiden Direktur AKR Haryanto Adikoesoemo melalui keterengan resminya mengatakan, kalau kehadiran BP akan memberikan pengalaman dan layanan yang berbeda.

Hal ini mengingat BP sudah lebih dahulu dikenal baik di pasar Amerika Serikat dan Eropa dari sisi kualitas BBM serta pelumas kendaraan bermerek Castrol. kbc10

Bagikan artikel ini: