Perilaku pengguna smartphone kian naik kelas

Senin, 3 Desember 2018 | 22:32 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kebutuhan pengguna smartphone kian beragam. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, Smartphone juga digunakan untuk hal-hal yang bisa mendukung pekerjaan atau penampilan mereka. Wajar jika kemudian pilihan jenis smartphone yang dibeli juga kian naik. Jika dulu kebanyakan masyarakat membeli smartphone jenis menengah bawah  dengan harga murah, maka sekarang mereka justru lebih memilih smartphone jenis menengah atas dengan harga dikisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

"Ada pergeseran prilaku. Konsumen sekarang lebih memilih smartphone yang lebih tinggi kualitas dan harganya. Sehingga penjualan kami di tahun ini secara volume atau unit mengalami penurunan tetapi secara value atau nilai mengalami kenaikan," ujar Managing Director Las Vegas Mobile Store, Herry Ramba saat pembukaan pameran Vegas Gadget Vaganza 2018 di Royal Plaza Surabaya, Senin (3/12/2018).

Pergeseran prilaku tersebut ditunjang oleh kemudahan membelinya dengan skema kredit dari banyak perusahaan multi financing atau lembaga keuangan.  "Banyak bank dan lembaga keuangan lainnya  yang memberikan kemudahan untuk kredit konsumsi dengan berbagai program menarik. Bahkan ada yang beli smartphone  harga Rp 4 juta dicicil Rp 400 ribu per bulan. Sangat ringan untuk mendapat smartphone idaman mereka," tandasnya.

Kondisi tersebut juga dilihat dari presentase pembelian secara cash yang semakin menyusut dikisaran 35 persen. Sementara pembelian secara tunai atau kredit melambung hingga mencapai 65 persen. Padahal pada tahun lalu, presentase pembelian secara cash masih sangat besar, mencapai 70 persen dan kredit hanya sebesar 30 persen. 

"Perkiraan kami, realisasi penjualan secara volume atau unit sampai akhir tahun akan menuruh hingga 10 persen tetapi secara nilai atau value naik 5 persen. Tetapi ditahun depan, prediksi kami akan mengalami kenaikan cukup bagus, baik dari sisi volume ataupun value karena berkaca pada tahun sebelumnya, akan ada banyak orang yang membutuhkan handphone di tahun politik," tambahnya.

Dan ia optimistis bisnis teknologi seperti handphone tidak alan ada matinya dan akan terus menanjak di masa depan. Untuk itu, pihaknya kian agresif menggarap pasar smartphone di berbagai kota melalui pameran bertabur hadiah, seperti event pameran "Vegas Gadget Vaganza 2018" yang tengah digelar di Royal Plaza mulai hari ini hingga tanggal (9/12/2018). Adapun hadiah yang diperebutkan diantaranya satu unit mobil, sepeda motor dan beragam hadiah menarik lainnya. 

"Khusus pada pameran kali ini, kami menargetkan bisa menjual 2 ribu unit handphone dan asesoris. Ada 99 hadiah yang akan kami undi aelama seminggu dan pada ranggal 9 nanti akan ada udian 9 hadiah utama," tambah Herry.

Terkait jenis smartphone yang terjual, ada tiga brand yang sangat digemari konsumen, yaitu Samsung, Oppo dan Xiaomi. Ketiga brand tersebut berkontribusi sekitar 65 persen hingga 70 persen terhadap total penjualan di Vaganza Mobile Store.kbc6

Bagikan artikel ini: