OJK cabut izin usaha PT Captalinc Finance

Minggu, 9 Desember 2018 | 20:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan telah mencabut izin usaha dari salah satu perusahaan pembiayaan, PT Capitalinc Finance. Perusahaan yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tersebut dinyatakan tidak memenuhi ketentuan POJK tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK, Moch. Ihsanuddin, mengungkapkan bahwa atas pencabutan izin usaha tersebut, yang bersangkutan dilarang melakukan kegiatan usaha di bidang perusahaan pembiayaan. Selain itu, OJK mewajibkan PT Capitalinc Finance untuk menyelesaikan empat hal.

“Perusahaan wajib melanjutkan proses pengembalian BPKB debitur yang telah lunas dan BPKB yang masih ditahan oleh bank sesuai kesepakatan antarkedua belah pihak,” jelas Ihsanuddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (9/12/2018).

PT Capitalinc Finance juga wajib memberikan kejelasan informasi kepada debitur tentang mekanisme pembayaran angsuran di daerah dan mekanisme pengambilan BPKB di daerah. Selain itu, yang bersangkutan juga diwajibkan untuk menyediakan pusat informasi dan pengaduan nasabah di internal perusahaan, serta menyelesaikan pengalihan outstanding portofolio pembiayaan.

“Perusahaan telah dicabut izin usahanya sehingga dilarang untuk menggunakan kata finance, pembiayaan, atau pembiayaan syariah dalam nama perusahaan,” tutup Ihsanuddin. kbc11

Bagikan artikel ini: