Menteri Rini tantang BUMN berani ekspansi ke luar negeri

Senin, 10 Desember 2018 | 10:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendorong perusahaan BUMN karya berekspansi ke luar negeri. Salah satu perusahaan yang sudah melebarkan bisnisnya adalah PT Wijaya Karya (Persero).

Rini mengaku terus mendorong BUMN yang bergerak pada bisnis infrastruktur melakukan pelebaran sayap bisnis ke luar negeri.

Ekspansi perusahaan karya ke luar negeri dipelopori PT PP (Persero). Bahkan Wika diketahui sudah mengirim 3.500 pekerja untuk menggarap proyek infrastruktur ke beberapa negara.

"Jadi sekarang memang saya dorong Wika tapi juga yang lain. Kalau enggak salah PP juga mulai. Memang pelan pelan ini saya harapkan yang lain juga," kata Rini, saat melepas pekerja Wika mengerjakan proyek di luar negeri, di Kantor Wika, Jakarta, Minggu (9/12/2018).

Rini mengakui, untuk melebarkan saya bisnis ke luar negeri bukan hal yang mudah, sebab perusahaan butuh pengalaman yang cukup. Dia menyebut, hal tersebut sudah dimiliki Wika yang mengirim pekerja ke Aljazair pada tahun ini.

"Memang ekspansi keluar negeri ini tidak semudah yang kita harapakan, memang Wika ini sudah memiliki pengalaman yang sangat cukup," tuturnya.

Rini mengatakan, Indonesia masih membutuhkan pembangunan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan. Namun ekspansi ke luar negeri perusahaan karya ?tidak akan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan infrastruktur. Ini karena sumber daya manusia Indonesia masih cukup untuk menggarapnya.

"Tapi tidak kita lupakan juga pembangunan di indonesiapun masih sangat sangat banyak. Jadi kita bagi-bagi yang paling utama adalah Wika. Ini adalah penting untuk kita ekspansi, dan karyawan-karyawan siap," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: