Erick Thohir dorong generasi muda berwirausaha

Senin, 10 Desember 2018 | 11:09 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pengusaha Erick Thohir mengajak generasi muda untuk lebih menggeluti dunia bisnis atau berwirausaha.

Hal itu dia sampaikan saat menjadi pemateri dalam acara "Jokowi Millennials Festival" di Surabaya Townsquare, Minggu (9/12/2018).

"Saya berharap generasi muda Indonesia jangan hanya konsumtif tapi harus hijrah sebagai generasi muda yang produktif. Kita bisa kok, siapa yang bilang gak bisa? Bangsa kita bisa," kata Erick yang juga pemillik kelompok media Grup Mahaka itu.

Berdasarkan data statistik, jelas Erick, Indonesia memerlukan lebih banyak pengusaha. Terlebih, menurut dia, dengan semakin banyak lahirnya wirausahawan akan semakin banyak juga usaha yang tecipta. Pada akhirnya, usaha-usaha baru tersebut akan menyerap banyak tenaga kerja.

Erick berpendapat ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda di Indonesia. Pertama, pendidikan entreupreneurship atau kewirausahaan harus ditingkatkan. Kedua, kesempatan untuk berbbisnis, baik usaha sekala kecil maupun menengah, harus ditingkatkan pula.

"Ketiga, mereka (generasi muda) harus ditumbuhkan jiwa kreator dan produsennnya. Sehingga mereka jangan hanya jadi konsumen," ujar Erick.

Erick mencontohkan, salah satu yang bisa dikembangkan adalah tren busana Muslim Indonesia. Artinya, dengan Indonesia yang berposisi sebagai salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, semestinya bisa menjadi tren fashion muslim bagi negara-negara lainnya.

"Atau misalnya di industri startup, kita sudah ada empat startup yang kelasnya diakui di tingkat Asia. Kalau empat ini bisa mengapa yang lain tidak? Asalkan teorinya tadi market Indonesianya dulu dikuasa,i bau pasar internasional," kata Erick. kbc10

Bagikan artikel ini: