Ini upaya Cyronium lipatgandakan omset UMKM Indonesia

Senin, 10 Desember 2018 | 12:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pengelola mata uang digital Indonesia, Cyronium terus mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di Tanah Air. 

Guna mewujudkan hal itu, Cyronium bakal menerjunkan tim untuk membina pelaku UMKM dalam meningkatkan omset bulanannya. Program ini dilakukan melalui strategi training, mentoring, dan pembinaan terhadap para pemilik UKM.

“Ini disebut Platform Scale Up Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia,” ujar Manajer Program Scale Up UKM Cyronium, Puri Candraditya melalui siaran tertulisnya, beberapa waktu lalu.

Dalam menjalankan programnya, tim khusus segera mendata titik-titik paling penting. Misalnya, yang memiliki masalah dalam pengelolaan karyawan. Di sana, Cyronium bakal melakukan training khusus di bidang manajemen karyawan.

"Apabila kendala utamanya di masalah penjualan, kami akan menyusun strategi dan rencana aksi untuk memasarkan produk UKM tersebut dengan cara yang inovatif dan menarik," ujar Puri.

Selain penyesuaian kebutuhan yang spesifik dengan kebutuhan UKM, tim Cyronium bakal memberi pelatihan khusus di bidang digital marketing.

Menurut Puri, bidang digital marketing tak terbatas pada penggunaan media sosial sebagai alat promosi. Namun juga berkembang dengan pembuatan situs, pemaksimalan software penjualan, dan pembuatan materi promosi yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

Puri mengatakan, saat ini, UKM-UKM di Indonesia masih kurang maksimal memanfaatkan teknologi. “Inilah sebab utama kami selalu menekankan pentingnya digital marketing dalam program Scale Up UKM kami,” ucapnya.

Salah satu UKM yang berhasil adalah Teja Wisata. UKM ini bergerak di bidang penyedia jasa wisata di Yogyakarta. Teja Wisata berhasil menaikkan 40 kali lipat omset pada Oktober hingga November 2018. Saat ini, ada 17 UKM yang bergabung dalam program Scale Up UKM Cyronium. UKM ini dipilih dari 1.800 aplikasi yang masuk ke Cyronium. Seleksi dilakukan terbuka dan berkala. kbc10

Bagikan artikel ini: