Facebook klaim telah bina 28 ribu wirausaha perempuan di Indonesia

Rabu, 12 Desember 2018 | 06:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Facebook berkomitmen untuk ikut mendorong pengembangan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia. Salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan terhadap pelaku UMKM perempuan.

Country Director Facebook di Indonesia, Sri Widowati menjelaskan, program pelatihan bertajuk #SheMeansBusiness ini merupakan sebuah inisiatif yang dimulai oleh Facebook untuk merayakan dan memberdayakan perempuan wirausaha di Indonesia.

Program ini memiliki tujuan untuk menginspirasi dan memberikan dukungan kepada wirausaha perempuan dengan pembekalan pengetahuan, koneksi, keterampilan dan teknologi untuk membangun bisnis secara online. Hingga saat ini tercatat program ini sudah melatih 28 ribu wirausaha perempuan.

"Sejak tahun 2016, inisiatif #SheMeansBusiness telah melakukan lebih dari 100 kegiatan dan melatih 28.000 perempuan wirausaha di 20 kota di Indonesia," kata dia, di Capital Place, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Selain pelatihan dan materi pembelajaran tentang pemasaran digital dan konten kreatif di Facebook dan Instagram, perempuan wirausaha juga diberikan sesi-sesi motivasi dan inspirasi, studi kasus, serta kesempatan berjejaring.

Di Indonesia, inisiatif ini berjalan atas kerja sama dengan berbagai organisasi dan komunitas mitra, yaitu Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Girls in Tech Indonesia, dan Pahlawan Ekonomi Surabaya. Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Facebook untuk dapat berkontribusi pada upaya pemberdayaan perempuan dan juga pembangunan ekonomi di Indonesia.

"Kami di Facebook ingin membantu para perempuan dalam mengubah ide mereka menjadi bisnis yang sukses. Kami percaya bahwa dengan membangun lingkungan yang mendukung perempuan wirausaha, tidak hanya kami memastikan kesejahteraan mereka tapi juga berdampak pada komunitas sekitar untuk masa depan yang lebih baik.

Selain itu, Facebook Indonesia juga meluncurkan kegiatan 'Laju Digital'. Melalui kegiatan yang sudah dimulai sejak Agustus 2018 ini, Facebook memperluas dan meningkatkan pelatihan keterampilan digital bagi masyarakat Indonesia yang tersebar dari bagian barat Indonesia hingga daerah pelosok di Indonesia Timur.

"Kami akan mengunjungi 15 kota di Indonesia sampai dengan akhir kuartal pertama di tahun 2019," kata dia.

Hingga saat ini 'Laju Digital' telah berjalan di sejumlah kota, seperti Gorontalo, Jakarta, Makassar, Jogjakarta, Surabaya, Bandung, Kupang, Manokwari, dan Medan.

"Hingga saat ini Laju Digital telah menjangkau lebih dari 2.500 orang, yang terdiri dari pencari kerja, pelaku bisnis, pemerintah, dan anggota komunitas," imbuh Sri.

Kampanye ini merupakan bagian dari kerjasama Facebook dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

"Kami di Facebook terus berkomitmen untuk membantu usaha kecil dan menengah dan juga komunitas di seluruh Indonesia dari bagian barat hingga daerah pelosok di Indonesia Timur. Semua program di bawah kampanye Laju Digital tersedia tanpa dipungut biaya untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan berbagai tingkat keterampilan digital yang berbeda," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: