Tokopedia raih suntikan pendanaan baru US$1,1 miliar dari Alibaba Group

Rabu, 12 Desember 2018 | 18:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Tokopedia meraih perolehan putaran pendanaan baru sebesar USD1,1 miliar. Pendanaan ini dikucurkan oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group. Kucuran juga didukung partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

Tokopedia akan terus fokus pada pasar Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia. Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur yang akan memberdayakan jutaan bisnis lokal untuk tumbuh dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

CEO dan salah satu pendiri Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, dalam sembilan tahun pertama, Tokopedia fokus untuk membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital. Memasuki tahun ke sepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) dimana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline. 

"Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia dan mengakselerasi terwujudnya misi besar kami untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia," ujar William melalui keterangan tertulis, Rabu (12/12/2018). 

Senior Investor SoftBank Investment Advisers, dan Anggota Dewan Tokopedia Lydia Jett mengatakan, Tokopedia telah membantu jutaan UMKM Indonesia menjual produk secara digital ke seluruh pelosok nusantara. Tokopedia telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. 

Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat, Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. "Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan entrepreneur lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan," ujar Lydia.

Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group Kenny Ho mengatakan misi perusahaannya- memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja yang tercermin dalam perjalanan Tokopedia. “Kami sangat antusias untuk mempererat hubungan kami dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia," ujar Kenny.

Sebelumnya Menkominfo Rudiantara mengatakan Indonesia akan memiliki satu perusahaan unicorn yang akan naik kelas menjadi decacorn tahun depan. Menurutnya, perusahaan teknologi ini hanya tinggal menunggu satu suntikan pendanaan saja sebelum benar-benar naik level.

Unicorn adalah level kepada perusahaan rintisan yang valuasi asetnya mencapai USD1 miliar. Sementara itu, perusahaan rintisan yang valuasi asetnya menyentuh USD10 miliar disebut sebagai decacorn. "Tinggal satu ronde transaksi pendanaan dan mereka akan menjadi decacorn," jelas Rudiantara beberapa waktu lalu. kbc10

Bagikan artikel ini: