Sambut libur Nataru, Bank Mandiri siapkan duit Rp13,7 triliun

Kamis, 13 Desember 2018 | 07:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Mandiri menyiapkan dana Rp 13,73 triliun untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pada saat perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Dana yang disiapkan selama periode 3 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019 tersebut meningkat sekitar 50 persen dari alokasi yang disiapkan pada periode normal.

Dari nilai tersebut, Bank Mandiri mengalokasikan Rp 1,9 triliun per hari untuk memasok mesin-mesin ATM perseroan di seluruh Indonesia khususnya di wilayah destinasi wisata. Alokasi harian tersebut juga meningkat 11 persen dari kondisi normal.

Saat ini, Bank Mandiri memiliki 17.391 ATM Mandiri yang tersambung dalam jaringan ATM Link ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas mengatakan, pihaknya berharap langkah antisipasi ini dapat membantu masyarakat merayakan Hari Raya Natal dengan kedamaian dan menikmati suasana pergantian tahun dengan penuh sukacita.

"Kami juga akan menerapkan sistem monitoring kecukupan uang dan operasional mesin-mesin ATM agar dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Rohan, dalam keterangan tertulis, Rabu (12/12/2018).

Di samping jaringan ATM, Rohan menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan elektronik banking, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 yang siap selama 7 x 24 jam memberikan layanan online sesuai dengan berbagai kebutuhan nasabah.

Aplikasi Mandiri online, misalnya, saat ini telah dapat digunakan untuk melakukan transfer, pembayaran tagihan listrik telp, kartu kredit, cek mutasi bahkan mengisi kartu e toll dan emoney melalui HP, sehingga berguna saat berkendara ke kampung halaman atau berlibur dan melewati jalan tol.

Untuk dapat menikmati fasilitas ini, kata Rohan, nasabah dapat langsung mendownload aplikasi Mandiri Online di playstore atau google play. "Pada libur bersama tanggal 24 Desember 2018 dan hari Natal tanggal 25 Desember 2018, kami juga akan mengoperasikan sebanyak 193 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan secara terbatas, termasuk pembayaran purchase order oleh SPBU Pertamina," kata Rohan.

Khusus pada 24 Desember 2018, jumlah cabang Bank Mandiri yang operasional sebanyak 165 kantor dan pada 25 Desember sebanyak 136 cabang. kbc10

Bagikan artikel ini: