Kadin Ngawi komitmen pacu ekonomi daerah

Kamis, 13 Desember 2018 | 19:46 WIB ET

NGAWI, kabarbisnis.com: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Ngawi, Siras Santoso menyatakan kesiapannya untuk memacu peningkatan ekonomi Ngawi.

Hal ini ditegaskan pasca Siras terpilih kembali sebagai Ketua Umum Kadin Ngawi periode 2018-20123 secara aklamasi dalam acara Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke IV Kadin Ngawi, Rabu (12/12/2018) petang.

Muskab IV Kadin Ngawi dihadiri oleh sekitar 80 pengusaha anggota kadin kabupaten Ngawi dari berbagai sektor usaha, diantaranya dari sektor industri mebel, perkebunan, peternakan, pertanian, jasa industri pariwisata. Jasa konstruksi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan lain sebagainya.

Siros mengatakan bahwa sebenarnya kabupaten Ngawi memiliki banyak potensi yang belum tergarap maksimal, mulai dari pertanian, peternakan, jasa keuangan dan perdagangan hingga sektor UMKM. Apalagi sejauh ini Kadin Kabupaten Ngawi memang belum pernah mendapatkan dana subsidi dari pemerintah.

“Tetapi Alhamdulillah 4 tahun ini Kadin dapat senantiasa bersinergi membangun perekonomian kabupaten Ngawi,” tegasnya.

Agar kinerja ekonomi Kabupaten Ngawi.bisa dipacu, maka Kadin Ngawi akan tetap menjalin kerjasama dan sinergi yang cukup bagus dengan pemerintah kabupaten, termasuk juga dengan berbagai dinas terkait. Hal ini untuk mewujudkan iklim usaha yang transparan dan profesional dalam meningkatkan potensi perekonomian daerah. 

“Kadin juga akan berupaya maksimal meningkatkan daya saing dunia usaha agar bisa terus berkembang seiring dengan percepatan dunia usaha dan dunia industri, termasuk UMKM. Networking atau jaringan juga akan kami perluas dengan melakukan promosi ke berbagai daerah sampai ke luar negeri,” tambah Siras.

Guna mempererat hubungan dengan pemerintah daerah, Kadin ingin mengajak pemerintah kabupaten Ngawi melakukan promosi potensi daerah kepada para investor, baik dalam maupun luar negeri agar mereka menanamkan investasinya di Ngawi. 

Khusus untuk peningkatan UMKM, Kadin Ngawi akan berupaya memberikan akses kepada mereka untuk bisa menempati rest area Tol Ngawi yang baru beroperasi. “Kadin Ngawi akan berkirim surat, ke pemerintah dan Kadin Pusat untuk mendapatkan dukungan. Dan pastinya rest area Tol Ngawi ini bisa menjadi semacam etalase produk UMKM Ngawi,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: