Permudah konsumen, Pelindo I, II, III dan IV lakukan integrasi data

Sabtu, 15 Desember 2018 | 06:27 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Dalam rangka perbaikan pelayanan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) terus melakukan terobosan. Agar konsumen lebih mudah mengakses data, maka saat ini Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV mulai lakukan integrasi data dengan menerapkan “single billing”.

“Intinya untuk memberi kemudahan customer bahwa Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV hanya punya satu data customer. Ada satu database customer yang dipakai bersama,” tegas Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto di Surabaya, Jumat (14/12/2018).

Dengan penerapan “single billing” ini, maka ketika customer ingin berhubungan dengan pihak Pelindo, baik Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV, maka mereka hanya masuk pada satu portal saja “Pelindo inCorporated”. 

Lebih lanjut Putut mengatakan bahwa untuk saat ini, integrasi masih dilakukan di sistem billing, tetapi selanjutnya akan diteruskan pada layanan yang lain, diantaranya pembayaran dan pelayanan kapal lainnya seperti layanan peti kemas hingga bongkar muat. Untuk integrasi pembayaran akan diterapkan pada bulan depan dan selanjutnya akan dilanjutkan pada integrasi layanan lain. Sehingga pada 31 Mei 2019, diharapkan seluruh layanan di Pelindo sudah mulai terintegrasi.

“Jadi kalau ingin tahu kapalnya dilayani di Surabaya kapan, di Medan tanggal berapa, masuk Jakarta tanggal berapa, mereka hanya masuk di satu portal. Kalau dulu kan harus masuk di portal masing-masing Pelindo. Kalau ingin melihat Periuk harus masuk di portal Pelindo II, kalau ingin masuk di Medan harus masuk portal Pelindo I,” jelasnya.

Putut menekankan bahwa langkah integrasi ini tidak dengan membangun sistem baru tetapi dengan menggunakan “in house”, masing-masing Pelindo mengirimkan programnya dan bersama-sama melakukan integrasi. Karena nantinya sistem ini juga akan diintegrasikan dengan jaringan maritim yang lebih tinggi seperti “inaportnet”. Sehingga ketika dibutuhkan upgrade atau perubahan akan lebih mudah.

“Kami hanya menggunakan konsultan, ini hanya sinkronisasi saja dan sistem di masing-masing Pelindo tetap sama,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: