Jangan anggap remeh, kontribusi perempuan di sektor UMKM capai US$100 miliar

Minggu, 16 Desember 2018 | 10:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Peran perempuan dalam pertumbuhan ekonomi nasional tidak bisa dianggap enteng. Bahkan, kontribusi perempuan sebagai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri cukup besar.

Komisaris Independen Bank Rakyat Indonesia (BRI) Rofikoh Rokhim mengatakan bahwa kontribusi perempuan dalam bidang kewirausahaan telah mencapai hampir 10% atau sekitar US$100 miliar dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia yakni US$1 triliun.

"Jadi jangan pernah menafikan atau mengecilkan usaha perempuan atau ibu-ibu sekalian," ujarnya dalam acara Festival Ibu Hebat 2018 di Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Pencapaian tersebut juga dikarenakan jumlah perempuan sebagai pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tergolong tinggi yakni mencapai sekitar 14,3 juta orang.

Dia mengimbau para perempuan untuk tidak rendah diri bila usahanya dianggap kecil atau dipandang sebelah mata. Sajian data tersebut diharapkannya memacu semangat para perempuan, khususnya kepada para pengunjung Festival Ibu Hebat 2018, untuk mulai berbisnis dan terus mengembangkannya. kbc10

Bagikan artikel ini: