Mobile Banking Telkomsel, satu aplikasi untuk semua bank

Selasa, 18 Desember 2018 | 22:24 WIB ET
Dari kiri: Manager Digital Banking Business Sales and Partnership Telomsel Very Hananto, GM Digital Product Area Expansion Jawa Bali Telkomsel, Heribertus Budi Ariyanto, dan GM Digital Banking Telkomsel Rudiyanto Herlambang.
Dari kiri: Manager Digital Banking Business Sales and Partnership Telomsel Very Hananto, GM Digital Product Area Expansion Jawa Bali Telkomsel, Heribertus Budi Ariyanto, dan GM Digital Banking Telkomsel Rudiyanto Herlambang.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Setelah diluncurkan secara nasional di Jakarta, Telkomsel secara resmi memperkenalkan layanan terbaru Digital Banking, yaitu aplikasi mBanking Telkomsel di Surabaya.

Aplikasi Mobile Banking Telkomsel ini memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat mengakses rekening bank yang dimiliki melalui ponsel.

General Manager Digital Product Area Expansion Jawa Bali Telkomsel, Heribertus Budi Ariyanto mengatakan, aplikasi tersebut dapat diunduh melalui smartphone sistem Android. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pelanggan diharapkan sudah memiliki layanan SMS Banking. Bagi pelanggan yang belum aktif layanan SMS Banking, pelanggan dapat mendaftarkan nomor handphone Telkomsel di kantor cabang Bank terdekat.

"Melalui peluncuran aplikasi mBanking Telkomsel ini, kami terus mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia dengan menghadirkan terobosan baru untuk membangun Indonesia Digital. Layanan Mobile Banking kami terus berkembang dan telah membantu banyak lembaga keuangan di lebih dari 80 institusi baik nasional maupun lokal," katanya di Surabaya, Selasa (18/12/2018).

Dipaparkannya, pihaknya terus berkomitmen, bahwa layanan mobile banking ini akan memberikan masyarakat Indonesia akses yang lebih luas terhadap transaksi keuangan, serta membantu pemerintah mewujudkan less-cash society.

Heribertus menuturkan, aplikasi mBanking Telkomsel memiliki beberapa fitur menarik, antara lain: transaksi perbankan, transaksi merchant, promo program, sinkronasi data, dan pencari ATM terdekat. Transaksi perbankan menjadi mudah dengan mBanking Telkomsel, pelanggan cukup memilih menu yang ada pada aplikasi, kemudian akan di arahkan untuk bertransaksi.

"Aplikasi mBanking Telkomsel juga memfasilitasi pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran dan pembelian produk-produk pada merchant yang sudah bekerja sama dengan bank seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, dan sebagainya," tukasnya.

Selain itu, pelanggan akan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai promo-promo menarik dari merchant, Bank, dan Telkomsel sekaligus memfasilitasi pengiklan untuk dapat beriklan pada aplikasi ini dengan target pelanggan banking.

Pada tahap awal ini, Heribertus bilang, jumlah bank yang sudah terintegrasi dalam aplikasi mBanking lebih dari 23 bank, dan bagi pelanggan Telkomsel yang mengunduh dan melakukan transaksi akan langsung mendapatkan paket data Telkomsel sebesar 2GB untuk 100.000 orang pertama yang berlaku hingga 31 Januari 2019.

“Saat ini pelanggan Mobile Banking Telkomsel sekitar 10 juta, dan untuk aplikasi mBanking Telkomsel dalam tahun pertama kami targetkan diunduh oleh sekitar 20% pengguna aktif mBanking yang menggunakan smartphone. Harapan kami, akan lebih banyak lagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air dapat memanfaatkan transaksi keuangan lebih nyaman, aman dan mudah dengan aplikasi mBanking Telkomsel,” ujar Heribertus.

Di sisi lain, dia mencatat saat ini jumlah pelanggan Telkomsel yang menggunakan data mencapai 110 juta dari total 176 juta pelanggan secara nasional. Dari jumlah pelanggan tersebut, sebanyak 70% di antaranya telah menggunakan smartphone. "Dengan adanya aplikasi ini, ke depan diharapkan pelanggan m-banking di Area Jawa Bali bisa tembus 2 juta sampai 2,5 juta," katanya.

Adapun sejak diluncurkan di Jakarta, pengguna aplikasi m-banking Telkomsel sudah 19.000 pengunduh. Sedangkan yang telah aktif bertransaksi mencapai 7.000 an user. Telkomsel menargetkan sampai Januari 2019, pengguna aplikasi ini bisa mencapai 100.000 user.

Genjot pendapatan

Telkomsel juga berharap layanan transaksi berbagai perbankan yang diluncurkan itu bisa menggenjot pendapatan transaksi setidaknya memberikan kontribusi sebesar 1,5 persen.

General Manager Digital Banking Telkomsel Rudiyanto Herlambang mengatakan, total revenue Telkomsel tahun ini mencapai Rp800 miliar - Rp1 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1% merupakan kontribusi fee base income atau pendapatan dari transaksi yang diperoleh dari layanan sms banking.

"Layanan transaksi-transaksi perbankan ini memang tidak besar karena tarifnya beragam ada yang Rp600/sms sampai Rp6.500 untuk transfer antar bank yang dipotong melalui pulsa," jelasnya saat peluncuran mBanking Telkomsel, Selasa (18/12/2018).

Dia menjelaskan, kehadiran aplikasi mBanking Telkomsel yang bisa diunduh melalui AppStore Android ini lebih untuk meningkatkan layanan para pelanggan Telkomsel yang di dalamnya melayani 23 bank di Indonesia.

"Aplikasi ini akan membuat kenyamanan nasabah perbankan yang punya beberapa rekening bank, tapi bisa dilakukan dalam satu aplikasi saja," imbuhnya.

Rudiyanto memaparkan saat ini secara nasional jumlah pelanggan mobile banking yang teregistrasi mencapai 18 juta, tetapi yang aktif bertransaksi yakni 10 jutaan pelanggan sehingga Telkomsel ingin mengambil market tersebut.

"Belum lagi market Android di Indonesia itu sekitar 94% dari total pengguna smartphone. Ini merupakan potensi menarik bagi kami dengan harapan tahun depan transaksi sms banking/m-banking kita bisa tumbuh 8%," jelasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: