Bermodal duit 50 juta Euro, VW berniat bangun pabrik di Indonesia

Kamis, 20 Desember 2018 | 08:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pabrikan otomotif yang berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman, Volkswawen atau lebih dikenal dengan sebutan VW berencana membangun pabrik di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto.

"VW juga ada mau bangun assembly line di sini. Mau buat Tiguan di Indonesia dengan investasi 40 juta sampai 50 juta euro," kata Harjanto, Rabu (19/12/2018).

Menurut Harjanto, VW akan membuat pabrik tersebut dengan nama Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) PT Garuda Mataram.

Hanya saja, Harjanto enggan menyebut lokasi tempat pabrik tersebut akan dibangun, dengan alasan informasi tersebut belum didapatnya.

"Assembly line persisnya belum tahu di mana. Tapi mereka bilang sudah lapor ada investasi VW di dalam negeri, dengan masuknya beberapa varian dalam negeri yang akan diproduksi di Indonesia," tambahnya.

Menurut Harjanto, dengan nilai investasi tersebut diprediksi kapasitas produksinya juga tidak akan terlalu besar, mengingat kendaraan yang dihasilkan di pabrik ini akan diekspor untuk pasar ASEAN.

"Untuk 50 juta euro tidak terlalu besar. Itu untuk pasar ASEAN dan sekitarnya," pungkas Harjanto. kbc10

Bagikan artikel ini: