Tol Paspro bisa dilewati saat Nataru, kecepatan maksimal 50 Km/jam

Jum'at, 21 Desember 2018 | 05:58 WIB ET

PROBOLINGGO, kabarbisnis.com: Fungsional jalur Tol Paspro (Pasuruan-Probolinggo) akan diujicoba mulai 21 Desember 2018 hari ini, berbagai persiapan dilakukan agar uji coba Tol dapat berjalan lancar nantinya.

Melalui sambungan selulernya, Agus Minarno selaku pejabat pembuat komitmen Tol Paspro menyampaikan, telah melakukan rapat dengan sejumlah pihak guna menjamin keamanan dan kenyamanan fungsional Tol Paspro.

Disebutkan Agus, rapat sendiri dihadiri perwakilan Dirlantas Polda Jatim, Dishub Kota/Kab Probolinggo, Kasatlantas Kota/Kab Probolinggo, PT Trans Jawa, PT Waskita Karya, dan sejumlah Kapolsek yang wilayahnya dilewati Tol.

Dari hasil rapat itu disepakati, uji coba tol yang dimulai per 21 Desember hingga 2 Januari 2019 itu, tetap mewajibkan pengendara bermotor memakai kartu E-Tol, dimana tanpa mengurangi saldo.

"Jadi pengendara saat masuk tiap pintu tol, tetap memakai kartu E-Tol atau hanya ditempelkan saja. Tapi itu tidak akan mengurangi saldo nya, alias gratis," jelas Agus, Kamis 20/12/2018).

Untuk jenis kendaraan yang bisa lewat jalur tol, sementara hanya diterapkan pada kendaraan golongan kecil. Seperti mobil pribadi, minibus, dan colt diesel.

Agus menghimbau, agar para pengguna jalan yang akan melewati jalur tol nantinya, tetap menaati aturan berlaku dan mengikuti rambu-rambu.

"Untuk kecepatan, semua kendaraan yang melintasi tol hanya diperbolehkan melaju 40-50 km/jam," jelas dia.

"Yang jelas pengguna jalan tetap harus hati-hati, karena pembatas jalur tol di sejumlah titik masih belum terpasang. Namun kita telah minta bantuan, sejumlah Polsek yang ada di jalur tol untuk ikut menyiagakan anggotanya," paparnya.

Guna memberikan rasa nyaman, bagi para pengendara. Disampaikan Agus, jika akan disediakan rest area sementara bagi pengendara yang hendak beristirahat atau sekedar buang air kecil. Rest area itu, berada di STA 13 Wringin Anom, jalur tol seksi 1 Tongas.

Sebagai informasi, Tol Paspro yang akan diuji cobakan yakni, mulai Seksi I meliputi Grati - Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi II meliputi Tongas - Sumberasih sepanjang 6,9 km. Dan seksi III meliputi Sumberasih - Leces sepanjang 10,9 km.

Sementara simpang susun yang telah bisa dilewati, adalah simpang susun Muneng dan Leces, sedangkan untuk simpang susun Tongas masih dalam tahap finishing. Dimana masih ada perbaikan jembatan, di jalur exit tol tersebut. kbc10

Bagikan artikel ini: