Sambut libur akhir tahun, Samsung rilis Android Pie untuk Galaxy S9 di Eropa

Rabu, 26 Desember 2018 | 11:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tepat saat libur akhir tahun, Samsung mulai merilis pembaruan Android Pie untuk Galaxy S9. SamMobile yang pertama kali memperhatikan rilis di Jerman itu, sementara pengguna lain di Twitter dan Reddit telah melihat pembaruan itu tersedia di Belanda dan Slovakia juga, sebagaimana dilaporkan The Verge, Senin (24/12/2018).

Seiring dengan peningkatan yang dilakukan oleh Google, Android Pie pada S9 juga menghadirkan Samsung One UI, sebuah pengalaman pengguna baru yang dimaksudkan untuk membuat aplikasi lebih mudah digunakan pada ponsel yang lebih besar, selain peningkatan lainnya.

Meskipun pembaruan terbaru ini datang ke perangkat Samsung jauh lebih cepat daripada versi Android sebelumnya, perusahaan Korea Selatan itu masih tertinggal di belakang merek-merek seperti Nokia, OnePlus, dan bahkan HTC dengan jadwal pembaruannya.

Google sebelumnya telah berusaha mempercepat adopsi versi Android baru dengan Project Treble, tetapi meskipun program ini diperkenalkan pada awal 2017, hanya 21,5 persen perangkat Android yang menjalankan Android Oreo pada akhir Oktober tahun ini.

Samsung semakin cepat mengeluarkan pembaruan Android-nya. Pemilik Galaxy S8 harus menunggu tujuh bulan setelah rilis asli Oreo sebelum tersedia untuk perangkat mereka, sementara Android Nougat membutuhkan waktu setidaknya lima bulan untuk tiba di Galaxy S7.

Pada konferensi pengembang tahunannya, Samsung mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan akan merilis Android Pie pada Januari 2019. Saat itulah kita mengharapkan peluncuran global penuh dari perangkat lunak baru tersebut. kbc10

Bagikan artikel ini: