Status gunung anak Krakatau diingkatkan jadi siaga

Kamis, 27 Desember 2018 | 16:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meningkatkan status Gunung Krakatau dari Waspada dengan radius 2 kilometer Menjadi "Siaga" dengan radius 5 kilometer mulai Kamis (27/12) pukul 06.00 WIB.

"Badan Geologi menyebutkan Gn Krakatau, Status ditingkatkan dari Waspada dengan radius 2 km Menjadi "Siaga" dengan radius 5 km mulai pukul 6 WIB," ungkap Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Peningkatan status tersebut, zona berbahaya yang sebelumnya sepanjang 2 kilometer dari puncak kawah, kini meluas menjadi 5 kilometer, sehingga tidak boleh ada aktivitas manusia.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menegaskan, status Gunung Anak Krakatau hingga saat ini adalah waspada atau level 2. Status tersebut berdasarkan yang ditetapkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Menurut pantauan mereka, hingga saat ini masih terus terjadi erupsi dari Gunung Anak Krakatau. Sutopo menerangkan, tipe Gunung Anak Krakatau adalah strombolian. Artinya, gunung tersebut melontarkan lava pijar dan abu vulkanik secara terus menerus. kbc11

Bagikan artikel ini: