'Bali: Beats of Paradise', film karya anak bangsa yang berpeluang tembus nominasi Oscar

Senin, 31 Desember 2018 | 14:59 WIB ET
Livi Zheng
Livi Zheng

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sutradara perempuan asal Indonesia, Livi Zheng kembali membuktikan kemampuannya sebagai salah satu sutradara muda yang layak diperhitungkan kiprahnya di jagat perfilman.

"Bali: Beats of Paradise", film karya sutradara yang bermukim di Hollywood, Amerika Serikat itu menembus daftar kualifikasi film yang berpeluang masuk dalam nonimasi Piala Oscar 2019.

Film tersebut bersaing ketat dengan 346 judul film, termasuk sejumlah karya Hollywood antara lain "Avengers: Infinity War", "Ant-Man and the WASP", "Aquaman", "Black Panther", "Bohemian Rhapsody", dan "Fifty Shades Freed" untuk masuk nominasi kategori Best Picture.

Pada 2010, terdapat 274 film yang dikirimkan, lalu turun menjadi 248 pada tahun berikutnya. Kemudian, pada 2012 kembali terjadi peningkatan dalam film yang masuk, yakni 265, 282 pada 2013, dan 289 pada 2014.

Film "Bali: Beats of Paradise" sendiri mengangkat soal gamelan, dan merupakan kolaborasi Livi bersama penyanyi Judith Hill, yang dalam "Queen of The Hill" memadukan gamelan dengan musik funk.

Tentunya ini menjadi pencapaian kali kedua yang berhasil diraih putri sulung pasangan Gunawan dan Lily Zheng, setelah film pertamanya "Bruises with Danger" juga masuk nominasi Oscar pada 2016.

Meski masih harus bersaing dengan film lainnya untuk masuk nominasi final, Livi mengaku cukup senang karena filmnya mendapat apresiasi. "Saya senang film 'Bali: Beats of Paradise' bisa masuk seleksi nominasi Piala Oscar, karena film ini ada unsur budaya tradisi lewat gamelan," ujar Livi Zheng, Minggu (30/12/2018).

"Gamelan sebetulnya sudah banyak dipakai di dunia internasional, contohnya di film 'Avatar' karya James Cameron, tapi sayangnya untuk penonton yang background-nya bukan composer masih banyak yang belum tahu gamelan di Amerika sini," sambungnya.

Sineas kelahiran 3 April 1990 ini merupakan seorang sineas film yang selalu memasukkan unsur Indonesia ke dalam semua karyanya. Dia juga sudah memiliki sebuah rencana untuk lebih mengenalkan Indonesia di mata dunia. "Tahun depan kami berencana akan membuat konser di Los Angeles guna memperkenalkan Indonesia lebih lagi," terang Livi. 

Nominasi Oscar sendiri akan diumumkan pada 22 Januari 2019 dan seremonial upacara penghargaannya berlangsung pada 24 Februari di Hollywood. kbc10

Bagikan artikel ini: