Sri Mulyani jadi menteri paling populer di 2018

Rabu, 2 Januari 2019 | 06:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menjadi menteri paling populer pada tahun 2018 menurut hasil riset Indonesia Indicator (I2). Pasalnya, Sri Mulyani adalah figur yang paling banyak mendapat perhatian media.

"Hal ini cukup menarik, karena dari 100 figur terbanyak diberitakan media, hanya terdapat 1 persen figur yang yang berkaitan dengan ekonomi," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/1/2019).

Dia menuturkan, media paling menyoroti bidang ekonomi selama 2018. Sri Mulyani, kata dia, tidak hanya menjadi tokoh sentral menteri yang paling banyak dicari, tetapi juga pendapatnya ditunggu publik sepanjang 2018.

Sosok Sri Mulyani diberitakan 2.300 media daring (online) di seluruh Indonesia dalam 48.365 berita. Menurut Rustika, berbagai isu terkait kebijakan di bidang fiskal dan moneter, penghitungan keuntungan Freeport dan pertemuan IMF-World Bank merupakan salah satu menjadikan Sri Mulyani sebagai tokoh utama.

"Dalam sebulan, rata-rata pemberitaan tentang Sri Mulyani mencapai 3.969 berita atau sekitar 130 berita per hari," tuturnya. Pada tahun 2017, Sri Mulyani juga dinobatkan Indonesia Indicator sebagai Tokoh Terpegah atau Tokoh Terpopuler. 

Indonesia Indicator merupakan sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan teknologi piranti lunak Artificial Intelligence (AI). I2 juga menyebutkan pada tahun 2018 Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak hanya menjadi Menteri Terpegah, tetapi juga menjadi menteri yang paling banyak dikutip pernyataan atau komentarnya di media pada tahun 2018.

Dari 48.365 berita, pernyataan Sri Mulyani dikutip media sebanyak 128.777 kutipan. Pada tahun sebelumnya, peringkat pertama sebagai Menteri Tervokal diraih Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Pernyataan Sri Mulyani paling banyak dikutip media terkait dengan masalah kondisi perekonomian Indonesia, nilai tukar rupiah, pertemuan tahunan IMF-World Bank, target penerimaan pajak, dan sebagainya," papar Rustika.

Sementara itu, nama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada tahun ini juga berada di urutan ke-2 dalam hal jumlah pernyataan yang dikutip media sebanyak 90.602 kutipan. Pernyataan Budi Karya yang paling banyak dimuat media terkait pembangunan akses transportasi seperti jalan tol, juga terkait musibah jatuhnya Lion Air. kbc10

Bagikan artikel ini: