IPO hari ini, Sentra Food lepas 150 juta saham

Selasa, 8 Januari 2019 | 07:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Sentra Food Indonesia (SFI) akan melantai perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan saham Selasa (8/1/2019) hari ini. Dalam aksi korporasi ini, perseroan melalui PT Jasa Utama Capital Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek.

Melansir dari situs PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), perseroan melepas sekitar 150 juta lembar saham kepada publik melalui mekanisme penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO).

Adapun harga IPO saham perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan daging itu sebesar Rp 135 per unit. Dari aksi korporasi ini, Sentra Food Indonesia akan memperoleh tambahan modal sebanyak Rp 20,25 miliar.

Manajemen perseroan akan menggunakan dana hasil IPO itu seluruhnya untuk meningkatkan setoran modal ke perusahaan anak, yaitu PT Kemang Food Industries (Kemfood) guna membeli bahan baku daging dan bahan lainnya.

Sebagai informasi, saat ini kapasitas produksi Kemfood baru mencapai 150 ton per bulan. Perseroan yakin pasca IPO kapasitas produksi bakal meningkat menjadi 200 ton per bulan.

Sementara itu, Sentra Food Indonesia menargetkan penjualan dan laba di tahun 2019 masing-masing sebesar Rp 137 miliar dan Rp 3,7 miliar.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djayadi yakin jumlah emiten baru yang akan melakukan Penawaran Umum Perdana saham (Initial Public Offering/IPO) sepanjang tahun 2019 bisa mencapai lebih dari 57 perusahaan.

Menurutnya, pesta demokrasi yang dilakukan secara bersamaan tahun ini yakni pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres), tak akan menyurutkan langkah beberapa perusahaan untuk mencatatkan saham di BEI. Kendati begitu, dia belum mau mengungkapkan berapa banyak perusahaan yang bisa diajakk untuk melantai di bursa saham Indonesia.

"Kami harapkan lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2018, kami capai 57 perusahaan yang listing. Kami harapkan tahun ini bisa lebih dari itu. Berapa tepatnya? Belum bisa bilang, tapi arahnya lebih dari itu (57)," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: