Program magang bersertifikat, Barata Indonesia gandeng delapan universitas

Selasa, 8 Januari 2019 | 16:57 WIB ET

GRESIK, kabarbisnis.com: PT Barata Indonesia (Persero) melakukan penandatangan kerja sama Program Magang Bersertifikat  2019 Kementerian BUMN dengan delapan universitas . 

Pada acara tersebut, manajemen Barata Indonesia meneken kerjasama dengan delapan perwakilan pejabat yang berasal dari beberapa Universitas yakni Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Malang, Poliktenik Energi dan Mineral Akamigas, Universitas Islam Malang, Politeknik Negeri Medan,Politeknik Negeri Banyuwangi, Universitas Mulawarman serta Akademi Komunitas Semen Indonesia.

Nantinya, perwakilan mahasiswa dari delapan Universitas tersebut akan menjalani program magang selama enam bulan ketika mengikuti Program Magang Sertifikat 2019. Berbeda dengan praktek magang pada umumnya, pada program Magang Sertifikat  Kementerian BUMN ini, mahasiswa akan diterjunkan langsung di dunia kerja dan diperlakukan layaknya karyawan atau staf perusahaan, sesuai dengan bidang yang digeluti. Tujuannya adalah untuk menciptakan SDM yang siap kerja ketika nanti lulus dari bangku kuliah.

Direktur Keuangan dan SDM Barata  Indonesia, Yoyok Hadi Satriyono mengatakan, kegiatan Magang Bersertifikat tersebut telah sesuai dengan program dari Kementerian BUMN agar perusahaan - perusahaan BUMN turut membantu agar para Mahasiswa maupun Mahasiswi lebih siap, baik itu secara skill maupun kompetensi, ketika nanti memasuki dunia kerja.

Sebab selama ini kerap kali ditemui  para lulusan baru yang kesulitan ketika terjun langsung masuk di dunia kerja. Sehingga para lulusan barusan tersebut harus belajar lagi dari awal. 

"Dengan adanya kegiatan magang bersertifikat ini maka kami berharap permasalahan tersebut dapat diminimilisir sehingga akan menghasilkan lulusan-lulusan yang tidak hanya berkulitas, namun juga siap ditempatkan di dunia kerja. Tentu saja sesuai dengan bidang yang mereka geluti,” ujar Yoyok.

Selain itu, program tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia untuk menghadapi persaingan global.

"Magang bersertifikat ini juga merupakan bentuk dari wujud BUMN Hadir Untuk Negeri. Dimana BUMN ikut Hadir dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa," imbuhnya.

Sebelum melakukan penandatangan dengan delapan Universitas untuk berkolaborasi dalam progam magang bersertifikat, Barata Indonesia juga terlebih dahulu melakukan pilot project dengan Universitas Muhammadiyah Malang, terkait dengan program yang sama pada November lalu.  Barata Indonesia juga tidak menutup kemungkinan akan membuka kerjasama dengan Universitas-Universitas lain di Indonesia untuk Program Magang Bersertifikat tersebut. kbc9

Bagikan artikel ini: