Jargas Kota Pasuruan dipasok dari produksi HCML

Selasa, 8 Januari 2019 | 20:20 WIB ET

PASURUAN, kabarbisnis.com: Menyusul kesuksesan program Jaringan Gas Rumah Tangga (Jargas) dua kota sebelumnya yaitu Kota Mojokerto dan Kota Probolinggo di tahun 2018, Husky-CNOOC Madura Limited  kembali mendukung program Jargas Kota Pasuruan di tahun 2019. 

Khusus untuk Kota Pasuruan, HCML memasok gas sebesar 0,2 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Gas itu dialirkan ke rumah tangga pelanggan melalui infrastuktur Jargas yang telah dibangun  Perusahaan Gas Negara Tbk.

“Dengan demikian, total  gas HCML untuk program Jargas di Mojokerto, Probolinggo dan Pasuruan mencapai  0,65 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Gas itu  dialirkan dari Lapangan BD yang menghasilkan gas pertamanya sejak 26 Juli 2017,” kata  General Manager HCML Tilak Ranjith Kumar Nithiyeswaran, Selasa (8/1/2019) petang.

Peresmian program Jargas Kota Pasuruan ini ditandai dengan pemutaran kran penyaluran  yang dilakukan oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan *di dapur umum Ponpes As Salafiah, Pasuruan.* Hadir pada acara ini, antara lain Bupati Pasuruan, H.M. Irsyad Yusuf, Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Ali Masyhar, Dirut PT PGN, Gigih Prakoso Soewarto, dan perwakilan Komisi VII DPR.

Ditemui seusai acara,  Tilak Nithiyeswaran mengatakan,  manajemen HCML sangat bangga karena bisa mendukung program Jargas di Kota Pasuruan. Program Jargas lebih murah, mudah dan aman dibandingkan dengan penggunaan LPG.

“Keberadaan Jargas juga termasuk dalam program strategis nasional untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi dalam rangka diversifikasi penggunaan bahan bakar sektor rumah tangga. Semoga program ini juga meningkatkan daya saing industri rumah tangga yang telah memanfaatkan Jargas,”  tambahnya.

Seperti diketahui, HCML adalah operator Lapangan BD yang bekerja di bawah pengendalian dan pengawasan SKK Migas. Lapangan  yang dioperasikan HCML ini terletak di lepas pantai Selat Madura, yaitu sekitar 52 km di timur Kota Pasuruan (Jawa Timur) dan 16 km di selatan Kabupaten Sampang, Pulau Madura. Lapangan BD diperkirakan memiliki cadangan gas sebesar 442 miliar kaki kubik (BSCF) dan kondensat sebesar 18,7 juta barrel (MMSTB).kbc6

Bagikan artikel ini: